Metallica Sabet Polar Music Prize 2018

Tim Editor

    Aksi panggung Metallica. (Twitter: @metallica)

    Jakarta, era.id - Karier Metallica di belantika musik dunia membuat sejumlah musisi angkat topi. Kepiawaiannya meramu musik membawa band asal Los Angeles, Amerika Serikat, itu meraih penghargaan Polar Music Prize atau setara dengan penghargaan Nobel. 

    Penghargaan dijadwalkan akan diberikan pada tanggal 14 Juni 2018. Band penggerak genre Trash Metal itu dikabarkan akan menerima hadiah sebesar 1 juta Swedish kronor atau setara dengan Rp. 1,7 miliar. 

    Hadiah tersebut rencananya akan disumbangkan kepada yayasan sosial yang dibentuk mereka sendiri yakni All Within My Hands. Yayasan itu fokus membantu kebutuhan masyarakat dalam bidang pendidikan, ketenagakerjaan, sumbangan makanan, dan layanan sosial lainnya.

    Dalam perjalanannya, band metal legendaris yang berkarier sejak 1981 itu dikenal cukup produktif menghasilkan karya. Album kelima mereka yaitu The Black Album, berhasil terjual sebanyak 16 juta kopi dan sempat menjadi album terlaris pada seperempat abad yang lalu. Selain itu, 4 album lainnya juga tercatat di dalam album metal Terbaik sepanjang masa versi majalah Rolling Stone.


    Aksi panggung Metallica di Bologna, Italia. (Twitter: @metallica)

    Sebagai penerima penghargaan Polar Music Prize, Metallica sudah dapat di sandingkan dengan penerima sebelumnya seperti Paul McCartney, Patti Smith, Pink Floyd, Led Zeppelin, Stevie Wonder, Björk, Bruce Springsteen, Elton John, Bob Dylan dan Chuck Berry.

    Setiap tahunnya penghargaan tersebut diberikan ke dua penerima yang mereka sebut sebagai 'Laureates'. Polar Music Prize merupakan penghargaan internasional dari Swedia yang didirikan oleh Stig Anderson selaku manajer band ABBA pada tahun 1989. Penghargaan tersebut mengakui kecakapan dalam dunia musik skala internasional.

    Tag: album musik

    Bagikan :