Metadata Facebook Rekam Data Percakapan

Tim Editor

Ilustrasi (Pixabay)

Los Angeles, era.id - Belum juga usai kehebohan kasus pencurian 50 juta data pengguna Facebook oleh  Cambridge Analytica, baru-baru ini beredar kabar, Facebook melakukan pencatatan panggilan dan teks para pengguna Android. Privasi terkait keamanan komunikasi ini, tentu jadi pertanyaan dari berbagai pihak.

Gennie Gebhart, peneliti dari  Electronic Frontier Foundation dalam artikel berjudul Android Users, Change This Setting to Stop Facebook's Collection of Your Call and Text Metadata menjelaskan, Facebook mengklarifikasi metadatanya hanya digunakan untuk menganalisis statistik penggunaan dan sejarah penggunaan, tidak sampai pada analisis konten pembicaraan.  

Akan tetapi Ginnie menyangsikan pengakuan tersebut. Metadata pada dasarnya mampu merekam semua kegiatan yang dilakukan. Seperti mengetahui identitas kontak Anda, jam berapa biasanya kamu menghubungi seseorang, bahkan lokasi ketika kamu menghubungi mereka. Dengan semua data yang dikumpulkan, Facebook mampu menganalisis data perilaku penggunanya.

Ginnie mencontohkan, saat menggunakan Facebook pada smartphone, pengguna juga dipaksa memasang aplikasi Mesengger untuk merekam panggilan dan teks. Terkait privasi aplikasi tersebut, para pengguna diharapkan peka terhadap setting privasi sesuai kebutuhannya. Gennie menyatakan, setelan privasi default yang ditawarkan Facebook tidak semuanya mampu mewadahi kebutuhan user-nya, terutama soal keamanan data. 

Selain itu, user kesulitan untuk mengakses persetujuan pengguna dikarenakan Facebook menggunakan user interface yang tidak ramah dan menyediakan layanan iklan pop up yang menghalangi akses menuju persetujuan pengguna.

Electronic Frontier Foundation mendorong perusahaan yang memiliki akses penyimpanan data untuk  bersikap etis dalam mengelola data penggunanya. Menurut Gennie, penting bagi para pengelola untuk tidak menyimpan data pengguna lebih lama dari waktu yang diperlukan. Semakin lama data disimpan, maka semakin rentan untuk disalahgunakan.

Apa yang terjadi terhadap Facebook terkait data panggilan dan teks menghadirkan masalah privasi yang serius. Berikut adalah langkah sederhana yang harus dilakukan untuk meminimalisasi metadata Facebook terhadap data yang ada di ponsel kita:

1. Pada layar beranda aplikasi Messenger, ketuk gambar profil anda di sudut kanan atas, scroll kebawah dan ketuk ikon orang.


Foto: www.eff.or

2. Ketuk sinkron kontak dan matikan fitur otomatis.


Foto: www.eff.or
 

Tag: facebook era kebebasan semu

Bagikan: