Inilah 7 Fakta Mengejutkan Tentang Freddie Mercury

| 24 Nov 2020 18:29
Inilah 7 Fakta Mengejutkan Tentang Freddie Mercury
Patung Freddie Mercury di kota Montreaux, Canada. (Foto: Russ Quinian/Flickr)

ERA.id - Banyak orang tahu sosok Freddie Mercury sebagai frontman eksentrik dari band Queen. Ia juga menjadi pencipta lagu-lagu hits seperti "Bohemian Rhapsody", "We Are the Champions" hingga "Another One Bites the Dust".

Namun, barangkali baru segelintir orang yang telah mengetahui 7 fakta mencengangkan dari ikon musik rock 90an ini.

1. Lahir di Zanzibar, Afrika, dengan nama Farrokh Bulsara

Meski dikenal sebagai vokalis band asal Inggris, Freddie Mercury lahir di Kota Stone Town, Zanzibar (kini Tanzania). Keluarganya pindah ke sana agar sang ayah bisa melanjutkan karir sebagai pejabat Kantor Kolonial Inggris.

Rumah Freddie Mercury di Zanzibar
Rumah Freddie Mercury di Stone Town, Zanzibar. (Foto: Richard Mortel/Flickr)

Freddie Mercury sendiri bukanlah nama lahirnya. Pria yang lahir pada 5 September 1946 ini diberi nama Farrokh Bulsara oleh orang tuanya. Ia baru mulai memakai nama Freddie saat bersekolah di St. Peter's, sebuah asrama khusus anak laki-laki di Mumbai, Italia.

Ia secara resmi mengubah namanya menjadi Freddie Mercury pada sekitar tahun 1970 ketika band Queen dibentuk.

2. Freddie Mercury dan keluarganya beragama Zoroastrian

Keluarga Freddie berasal dari keturunan etnis Persia dan mereka mempraktekkan kepercayaan Zoroastrian, salah satu agama monoteistik tertua di dunia. Meski Freddie mengaku sudah lama tidak mempraktekkan agama ini, pelepasan jenazahnya pada tahun 1991 dilakukan dengan tatacara agama Zoroastrian.

3. Rentang suara Freddie mencapai 4 oktaf

Sebagai perspektif, biduan wanita Mariah Carey sanggup bernyanyi dalam 5 oktaf. Freddie sendiri mengatakan bahwa ia punya karakter suara bariton, namun, gaya nyanyinya sebagian besar masuk dalam kawasan suara tenor.

Pada tahun 2016, satu tim peneliti mempelajari karakter suara Freddie dan menemukan bahwa pita suara Freddie bergetar lebih cepat dari kebanyakan orang. "Sementara vibrato biasa berfluktuasi antara frekuensi 5,4 Hz dan 6,9 Hz, vibrato suara Mercury mencapai 7,04 Hz," seperti dilaporkan Consequence of Sound.

4. Freddie Mercury mendesain sendiri emblem band Queen

Pernah belajar seni dan desain grafis di Ealing Art College, Freddie Mercury terbukti tak hanya jago nyanyi. Ia juga mendesain emblem band Queen dengan menyatukan simbol zodiak semua anggota band, yaitu dua singa Leo untuk John Deacon dan Roger Taylor, kepiting Cancer untuk Brian May, dan dua peri untuk merepresentasikan bintang Virgo dari Freddie Mercury.

Huruf 'Q' dan mahkota mewakili nama band tersebut, sementara burung phoenix menjadi pelindung kesemuanya itu.

5. Freddie Mercury sangat pemalu di luar panggung

Meski ia dikenal akan aksi panggungnya yang enerjik dan atraktif, orang-orang terdekat Freddie mengakui bahwa sang vokalissangatlah pemalu di kehidupan pribadinya. Itu pula kenapa Freddie jarang melayani permintaan wawancara.

"Di kehidupan nyata, tak ada yang tahu tentang Freddie," kata Roger Taylor, anggota band Queen. "Ia sangat pemalu, lembut, dan baik hati. Sosoknya di dunia nyata sangat berbeda dengan sosoknya di atas panggung."

6. Freddie membeberkan penyakit AIDS yang ia derita sehari sebelum meninggal

Pada tanggal 23 November 1991, Freddie dan manajernya mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi bahwa sang vokalis terinfeksi AIDS, penyakit yang menyerang kekebalan tubuh manusia. Banyak orang telah menduga ia terinfeksi penyakit tersebut mengingat penampilannya selama beberapa tahun sebelumnya berubah, dan Queen membatalkan jadwal tur mereka secara tiba-tiba.

7. Freddie Mercury adalah pecinta kucing sejati

Menurut situs Mental Floss, Freddie adalah seorang pecinta kucing sejati. Ia dikabarkan pernah memelihara 10 ekor kucing dalam sekali waktu. Ia juga membuat lagu (Mr. Bad Guy) yang didedikasikannya untuk kucing-kucingnya.

Demikian petikan lagu yang ia persembahkan untuk kucing favoritnya, Delilah.

Delilah, Delilah, oh my, oh my, oh my - you're irresistible

You make me smile when I'm just about to cry

You bring me hope, you make me laugh - you like it

You get away with murder, so innocent

But when you throw a moody you're all claws and you bite -

That's alright !

Delilah, Delilah, oh my, oh my, oh my - you're unpredictable

You make me so very happy

When you cuddle up and go to sleep beside me

And then you make me slightly mad

When you pee all over my Chippendale Suite

Rekomendasi