Reza Surya Kecewa Lagu "Indonesia Raya" Diparodikan

Tim Editor

Reza Surya (Foto: IG @rezasuryaptr)

ERA.id - Reza Surya mengaku kecewa dengan lagu "Indonesia Raya" yang diparodikan dengan lirik yang tidak pantas. Video parodi itu awalnya diunggah oleh salah satu akun YouTube MY ASEAN. Video itu berjudul "Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video)". 

Hinaan lagu Indonesia Raya itu dimulai dengan latar belakang bendera Merah Putih dan di tengahnya ditambah ayam, bukan burung garuda. Di sisi kanan dan kiri, ditampilkan karakter kartun yang sedang kencing.

Video itu sendiri diawali dengan suara ayam berkokok. Terdengar, seorang laki-laki menyanyikan Indonesia Raya di mana semua lirik sudah diubah sedemikian rupa.

Isi liriknya juga dinilai menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden Soekarno. “Matilah Jokoko, mampuslah SoekaPORNO,” demikian lirik dalam video tersebut. Diduga, akun YouTube dari warga negara Malaysia yang melakukannya. 

Kepada wartawan, Senin (28/12) di Jakarta, Reza Surya mengaku kecewa dengan kejadian tersebut. "Jangan ya, itu sebuah lagu yang sakral mewakili sebuah bangsa. Jangan diparodikan. Kecewa sih," ujarnya.

Reza melihat ada potensi lagu viral parodi "Indonesia Raya" itu memicu gesekan antara Indonesia dan Malaysia. "Kita nggak tahu siapa yang memparodikan, apakah ada unsur kesengajaan atau ketidaksengajaan kita tidak tahu juga kan. Harusnya bertetangga sebelah kita saling menghormati. Semoga cepat clear masalahnya," harap Reza Surya

Tag: Indonesia Raya Reza Surya lagu indonesia raya dilecehkan

Bagikan: