Ini Isi Lagu Viral Parodi "Indonesia Raya" Buatan Netizen Malaysia yang Dianggap Menghina Indonesia

Tim Editor

Bendera Indonesia dan Malaysia

ERA.id - Sebuah video musik pendek yang diunggah akun Youtube berlatar bendera Malaysia yakni MY Asean, dituding menghina lagu Indonesia Raya. Sontak lagu parodi berbau pelecehan ini heboh.

Video lagu parodi yang dituding menghina Indonesia itu dulunya bisa dicek dengan judul “Indonesia Raya Instrumental (Parody+Lyrics Video),” namun belakangan sudah tidak lagi bisa diakses.

Hinaan lagu Indonesia Raya itu dimulai dengan latar belakang bendera Merah Putih dan di tengahnya ditambah ayam, bukan burung garuda. Di sisi kanan dan kiri, ditampilkan karakter kartun yang sedang kencing.

Video itu sendiri diawali dengan suara ayam berkokok. Terdengar, seorang laki-laki menyanyikan Indonesia Raya di mana semua lirik sudah diubah sedemikian rupa.

Isi liriknya juga dinilai menyinggung Presiden Jokowi dan Presiden Soekarno. “Matilah Jokoko, mampuslah SoekaPORNO,” demikian lirik dalam video tersebut.

Hanya saja, tidak sedikit akun yang kemudian mengunggah ulang video tangkapan layar akun MY Asean. Tapi, redaksi juga menemukan akun dengan nama yang sama, MY Asean.

Menanggapi hal itu, Kepolisian Malaysia langsung bergerak cepat menggarap kasus lagu parodi Indonesia Raya yang dituding menghina Presiden Jokowi dan Soekarno. Sebab video tersebut beredar dan diduga dibuat di Malaysia.

Kepolisian Malaysia tengah melakukan investigasi. Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, investigasi dilakukan kepolisian Malaysia sejak Sabtu (26/12/2020).

"Berdasarkan laporan KBRI KL, pihak kepolisian Malaysia sedang melakukan investigasi hal ini. (Investigasi) kemarin," ujar Teuku, Minggu (27/12/2020).

Teuku belum bisa berkomentar banyak terkait lokasi pembuatan konten video tersebut. "Kita tunggu hasil investigasi ya," ucapnya.

Tag: viral malaysia Indonesia-Malaysia

Bagikan: