Kontroversi Lirik Rap Rasis di Masa Lalu, Han Stray Kids Minta Maaf Tulus dari Hati

Han Stray Kids (Instagram)

ERA.id - Sebuah komunitas online membuat postingan berjudul "Kontroversi Rasisme Masa Lalu Member Idol Grup", pada 2 Februari 2021. Postingan tersebut menyebutkan bahwa terdapat video lirik rap yang bermakna rasis, yang diunggah oleh salah satu idol ketika ia masih SMP. Kontroversi ini menjadi bahan perbincangan, dan Han Stray Kids teridentifikasi sebagai idol yang dimaksud.

Pada lirik rap tersebut terdapat kata "kkamdoongie", yang memiliki arti merendahkan orang berkulit hitam. Selain itu, komunitas online juga menyebutkan bahwa Han menargetkan orang - orang Asia Tenggara yang datang ke Korea Selatan untuk bekerja. Video rap ini diunggah oleh Han di YouTube, sebelum ia resmi debut sebagai member dari Stray Kids.

Terkait skandal yang menimpa namanya, Han mengunggah permintaan maafnya melalui official instagram Stray Kids. Han mengakui kesalahan yang diperbuatnya di masa lalu, dan secara tulus meminta maaf.

"Lirik yang saya tulis sekitar tahun 2013 ketika saya berusia 13 atau 14 tahun, telah menimbulkan kekhawatiran para penggemar dan orang lainnya. Tanpa beralasan, ini sepenuhnya salah saya. Saya dengan tulus meminta maaf."

(Capture Instagram)

Han juga mengungkapkan bahwa ia menulis lirik tidak pantas hanya memenuhi keinginannya untuk rap di masa muda, dan ia tidak berpikir panjang. Ia mengatakan jika ia ingin menjadi seorang penyanyi yang dapat mengekspresikan dirinya dan terhubung dengan orang banyak. Ia menyadari bahwa tidakannya tidak dapat dimaklumi hanya karena alasan ia masih berada di usia muda.

"Aku sepenuhnya mengerti tindakan seperti itu tidak bisa dimaklumi hanya karena alasan usia yang masih muda."

Han juga menambahkan bahwa dirinya merasa malu atas perbuatannya dan akan merenunginya secara mendalam. Mengakhiri permintaan maafnya, rapper Stray Kids ini mengatakan menghargai semua dukungan yang diberikan oleh penggemar secara global, dan berjanji untuk menjadi sosok idola yang lebih baik lagi.

Tag: Stray Kids Han Stray Kids Han

Bagikan: