Wah, Lagu "Kopi Dangdut" Ternyata Hasil Plagiat, Ini Kata Penciptanya

Tim Editor

Fahmi Shahab (tangkapan layar dari akun YouTube Dunia Manji)

ERA.id - Lagu "Kopi Dangdut" ciptaan Fahmi Shahab yang kini marak dipakai konten kreator di TikTok, ternyata adalah hasil plagiat dari lagu Moliendo Cafe asal Venezuela.

Hal itu diketahui usai penyanyi dan pencipta lagu Fahmi Shahab bercengkerama bersama Anji Manji lewat akun YouTube Dunia Manji Show. Di sana, Fahmi menceritakan sejarah lagu Kopi Dangdut buatannya.

Fahmi mengaku ia pernah berkenalan dengan seseorang yang berasal dari Jepang yang mengambil lisensi lagu Moliendo Cafe. Selanjutnya, Fahmi pun diminta mengalihbahasakan liriknya ke bahasa Indonesia. 

"Ketika di studio ada orang Jepang bawa perangkat rekaman, terus lihat saya, 'orang Jamaica' karena rambut saya kribo gede, 'oh bukan anak sini’, kenalan coba. Nah waktu saya kenalan masalahnya anak dangdut hampir enggak bisa bahasa Inggris. Jadi kita bisa nimpalin, walau pun enggak lancar jalan," kata Fahmi Shahab dikutip Era.id dalam YouTube Dunia Manji, Minggu (25/10/2020).

"Ini lagu Moliendo Cafe pernah diputar di Jepang tahun 1967 kalau enggak salah. Jadi Jepang ini, Reciku Record mencari musik yang identik dengan dangdut, jadilah dari lagu Moliendo Cafe diambil lagu itu (Kopi Dangdut). Di Jepang lembaga Jaslak sampai sekarang masih ada, pakai lagu itu resmi, diambil dibawa ke Indonesia, dicontohkan ke saya, 'lu bisa bikin liriknya enggak,' tadinya Cofferumba, saya bilang jangan," tutur Fahmi lagi.

Fahmi kemudian menulis lirik lagu yang disodorkan itu. Tiba masa Fahmi masuk studio rekaman dan diperdengarkanlah liriknya, akhirnya orang Jepang tersebut suka dengan karya Fahmi. Fahmi bahkan memberikan rap yang awalnya hanya iseng.

"Saya cari ide, saking gugupnya lupa waktu, saya bilang ‘Kopi Dangdut’, (tadinya Caferumba) ya itu kopi itu cafe, kalau you cafe kalau di sini kopi, kalau di sini identik dengan dangdut. Akhirnya setuju, itu tahun 1990, saya bikin tuh lagu, enggak tidur saya," ucap Fahmi.

"Akhirnya saya nyanyi sampai di tengah ada interlude kosong, di kosong itu saya spontan, saya main-main (ngerap) rupanya di-record sama dia. Karena keahlian saya, selesainya saya ke studio saya bilang 'ini hapus aja' katanya jangan, good," tambah Fahmi.

Akhirnya Fahmi mengaku kalau lagi tersebut memang bukan murni karyanya. Itu sudah diplagiasi sedemikian rupa. Bedanya, ia karya tersebut saat diubah sedemikian rupa, sudah melalui proses dan sah secara hukum.

"Iya pada tahun itu diumumkan lagu itu begini, ‘Moliendo Cafe’ punya. Iya banyak orang enggak tahu, jadi begini lho, ada sejarahnya. Benar (plagiat) tapi ada prosesnya, secara hukum sah," tutur Fahmi lagi.

Tag: plagiat musik indonesia kopi dangdut

Bagikan: