Penuh Perjuangan dan Pilu, Begini Pengorbanan Epik High yang Rela Tak Makan di Awal Karier

Tim Editor

Epik High (Capture Youtube)

ERA.id - Kesuksesan yang dirasakan oleh Epik High tak lepas dari perjuangan yang sangat panjang. Grup yang punya tiga member ini harus rela tak makan di masa awal kariernya. 

Untuk pertama kalinya sepanjang 17 tahun karier Epik High, mereka duduk di acara variety show Korea Selatan, KBS 2TV "Problem Child in House".

Selama acara, Tablo Cs mengungkap fakta mengejutkan di masa awal kariernya. Di mana mereka rela tak makan selama masa promosi.

“Jadi saat kami mempromosikan album pertama kami, kami tidak makan apa pun saat bepergian untuk tampil,” kata Tablo, dikutip Newsen, Rabu (10/2/2021).

Tablo lalu mengungkap saat itu Epik High hanya dibekali uang sebesar 5.000 won atau sekitar Rp63 ribu. Tunjangan tetap itu pun berlaku untuk masing-masing member per hari. 

Bukan cuma itu saja, saat Epik High mulai promosi dan menggelar tur promosi albumya, Tablo, DJ Tukutz, dan Mithra harus patungan membayar penyanyi cadangan. 

Saat itu untuk membayar penyanyi cadangan yang mengisi vokal utama, mereka harus mengeluarkan uang sebesar 10.000 won atau sekitar Rp126 ribu. 

Ketiga member Epik High pun memutuskan untuk patungan demi membayar penyanyi cadangan. Padahal saat itu Epik High cuma dibekali tunjangan sebesar 15.000 won atau Rp189 ribu. 

Akibatnya mereka pun harus merelakan dirinya tak makan dan tak bisa menyantap makanan lezat yang mereka inginkan. 

Heechul Super Junior yang mendengar kisah pilu dan perjuangan Epik High itu pun kepo kapan Mithra Cs bisa makan enak. 

“Ketika kami mempromosikan album ketiga atau keempat kami,” tegas Tablo. 

Lalu, kata DJ Tukutz ingat mereka bisa mulai makan enak setelah berhasil memenangkan dan menempati posisi pertama di acara musik. 

“itu setelah kami memenangkan nomor pertama untuk pertama kali dengan 'Fly’,” kata DJ Tukutz. 

Sejak saat itu Epik High pun tak perlu khawatir lagi dengan makanan yang bisa mereka makan. Bahkan mereka mulai memakan apa saja yang diinginkan. 

Epik High baru saja comeback lewat album ke-10 yang bertajuk Epik High Is Here. Dalam album itu, Tablo Cs menggandeng sejumlah musisi ternama Korea Selatan seperti Zico, CL, Heize, Nucksal, G.Soul, Woo Woo-jae, Kim Sawol, Miso, hingga B.I eks iKON.

Tag: kpop Epik High Comeback Epik High

Bagikan: