Resmi Bubar, Fakta Perjalanan Karier Elektrik Duo Legendaris Daft Punk

Daft Punk (Instagram @daftpunk__forever)

ERA.id - Setelah 28 tahun bekarier, grup musik eletrik duo asal Prancis, Daft Punk, resmi bubar. Mereka mengumumkan pembubaran grup dengan merilis video di YouTube channel mereka yang berjudul Epilogue, Seni (22/2/2021).

Pada video tersebut, tampak kedua personil berjalan bersama. Namun, masuk akhir video mereka tampak berpisah, yang menandakan bubarnya grup mereka. 

Selama berkarier, grup duo legendaris ini merilis banyak karya dan meraih banyak prestasi, serta memberikan pengaruh yang besar pada dunia musik. Inilah beberapa fakta perjalanan karier Daft Punk yang harus kamu tahu. 

1. Awal karier dan identitas grup

Dikutip dari Wikipedia, Daft Punk merupakan grup duo yang terdiri dari Guy-Manuel de Homem-Christo dan Thomas Bangalter. Mereka memulai karier sejak tahun 1993 silam. Mereka terkenal dengan musik bergenre funk, techno, disco, dan rock.

Daft Pank memiliki ciri khas unik, di mana kedua personilnya selalu tampil dengan helm, jaket, dan sarung tangan di hadapan publik. Hal ini memberikan mereka identitas layaknya seorang robot. 

Daft Punk (Instagram @daftpunk__forever)

2. Puncak popularitas Daft Punk

Pada tahun 1997, Daft Punk merilis studio album pertama mereka yang bertajuk Homework. Album debut ini, mengantarkan Daft Punk masuk nominasi di ajang penghargaan bergensi Grammy Award. 

Namun pada tahun itu, Daft Punk belum berhasil membawa pulang penghargaan. Mereka baru berhasil meraih penghargaan Grammy Awards lewat album yang bertajuk Alive 2006, pada tahun 2009 silam. Sejak saat itu, Daft Punk tidak pernah absen mendapatkan penghargaan dari ajang penghargaam bergengsi lainnya.

3. Karya yang dirilis Daft Punk

Sepanjang kariernya Daft Punk tercatat merilis lima studio album. Album terakhir yang dirilis oleh Daft Punk adalah album bertajuk Random Access Memories.  Satu album mereka merupakan album yang berisi lagu soundtrack untuk film Tron: Legacy. 

Daft Punk juga sering melakukan kolaborasi dengan musisi ternama dunia lainnya. Mereka sempat menjadi co-producer untuk album ke-6 milik Kanye West. Mereka juga pernah jadi teman duet Pharrell Williams di lagunya yang berjudul "Gust of Wind". Terakhir Daft Punk berkolaborasi dengan The Weeknd dalam lagu "Starboy", pada 2016. Ini menjadi karya terakhir yang dirilis oleh Daft Punk hingga bubar pada Februari 2021 ini. 

Tag: musik Daft Punk Daft Punk bubar

Bagikan: