Resmi Comeback, Inilah Makna Album Super Junior yang Bertajuk The Renaissance

| 17 Mar 2021 22:35
Resmi Comeback, Inilah Makna Album Super Junior yang Bertajuk The Renaissance
Super Junior kpop (Dok. Soompi)

ERA.id - Setelah beberapa kali mengalami penundaan, Super Junior akhirnya resmi comeback dengan merilis studio album ke-10 bertajuk The Renaissance dengan lagu utamanya berjudul "House Party", Selasa (16/3/2021). 

"House Party" merupakan lagu bergenre disco pop yang diberi iringan gitar riff yang menarik dan enak untuk didengarkan. Lagu ini memiliki pesan yang sangat kuat untuk setiap orang yang saat ini sedang menghadapi pandemi COVID-19. Melalui lagi ini, Super Junior mengajak para penggemarnya untuk tidak melupakan hal-hal kecil yang berharga di kehidupan sehari-hari. 

Sebelum resmi meluncurkan album dan musik video terbarunya, Super Junior mengadakan koferensi pers yang membahas mengenai proses pembuatan album terbaru mereka dan bercerita mengenai karier mereka di dunia musik. 

"Aku selalu bangga ketika merilis studio album. Akhir-akhir ini, kebanyakan orang merilis mini album atau single, tetapi kita selalu mencoba untuk merilis full album yang di dalamnya berisi 10 atau 11 lagu. Sejak kita bekerja keras untuk membuat album ini, kuharap orang-orang menyukainya," ujar Eunhyuk seperti dilansir Soompi, Rabu (17/3/2021). 

"Penggemar sudah menunggu begitu lama. Ketika mempersiapkan album ini, aku ingin secepatnya menunjukkan pada mereka apa yang kami kerjakan dan itu sangat menyenangkan," lanjut Shindong.

Sang leader grup, Leeteuk juga menjelaskan akan makna dan tujuan dari album terbaru mereka yaitu The Renaissance. Ia mengatakan bahwa album ini seperti menujukkan kembali pada dunia musik dan kebangkitan dari Super Junior.

"Definisi dari Renaissance adalah kebangkitan atau reinkarnasi seni dan sastra. Ini menghidupkan kembali gerakan baru. Dengan album ini kami akan menyambut kamu dalam kebangkitan Super Junior. Kami memutuskan judul album The Renaissance untuk menunjukkan musik Super Junior pada orang-orang," ujar Leeteuk.

Lebih lanjut, para member Super Junior juga membahas hubungan mereka yang begitu dekat sebagai grup dan sudah berkarier selama hampir 17 tahun. Mereka mengungkapkan bahwa melakukan kegiatan bersama grup adalah hal luar biasa berharga. 

"Karena kita selalu berlatih dan mempersiapkan album bersama, melakukan promosi sebagai grup rasanya sebenarnya sudah biasa tetapi setiap momen yang dilewati itu sangatlah berharga," lanjut Yesung.

Dengan comeback kali ini, Super Junior akan disibukkan dengan jadwal manggung di berbagai acara musik mingguan Korea untuk promosi album mereka. Tak hanya acara musik, mereka juga akan tampil pada berbagai varierty show.

Rekomendasi