Dituding Plagiat Penampilan Arashi, The Fact Music Awards Sampaikan Permohonan Maaf

| 05 Oct 2021 12:25
Dituding Plagiat Penampilan Arashi, The Fact Music Awards Sampaikan Permohonan Maaf
TMA 2021 minta maaf (Dok: TMA 2021)

ERA.id - Panitia penyelenggara The Fact Music Awards 2021 (TMA 2021) merilis pernyataan resmi tentang tudingan plagiarisme. Pihak TMA menyampaikan permohonan maaf atas tuduhan plagiarisme tersebut.

Acara TMA 2021 berlangsung pada 2 Oktober 2021 yang dipandu oleh Shin Dong Hyup, Seohyun Girl's Generation, dan Boom. Acara ini dimeriahkan oleh penampilan BTS, SEVENTEEN, ITZY, Stray Kids, ATEEZ, THE BOYZ, Super Junior, Oh My Girl, Brave Girls, ENHYPEN, ASTRO, STAYC, Kang Daniel, CRAVITY, Hwang Chi Yeol, Weekly, dan Lim Young Woong.

Selama acara berlangsung salah satu anggota ASTRO, Moonbin menampilkan tarian solo yang penuh semangat dan enerjik dengan konsep boneka marionette. Namun pertunjukkan itu dituding mencontek penampilan boy band asal Jepang Arashi.

Moonbin ASTRO dituding melakukan plagiarisem dari segi konsep, desain panggung, dan musik latar dari penampilan Ohno Satoshi dalam Live Tour Untitled 2017-2018.

Netizen pun dengan cepat mengamati hal tersebut dan menuding pihak TMA 2021 melakukan plagiarisme secara terang-terangan. Tudingan itu pun akhirnya ditanggapi oleh pihak TMA 2021 setelah menaui kritik dan cacian dari netizen.

"Ada kritik bahwa penampilan solo Moonbin ASTRO menyerupai penampilan sebelumnya daru grup Jepang Arashi. Ini adalah kesalahan yang jelas dari perusahaan produksi, yang tidak memeriksa konten secara menyeluruh selama tahap perencanaan konten," kata pernyataan TMA 2021, dikutip Sportskhan, Selasa (5/10/2021).

TMA 2021 minta maaf (Dok: TMA 2021)
TMA 2021 minta maaf (Dok: TMA 2021)

Lalu, kata pihak TMA 2021, pertunjukan Moonbin ASTRO tersebut merupakan rencana dari tim Box Media, yang bertanggun jawab untuk memproduksi dan mengarahkan seluruh acara penghargaan.

Tim Box Media disebut menyerahkan penampilan kepada artis yang bersangkutan, yang dalam hal ini adalah Moonbin ASTRO. Meski pun demikian tim TMA 2021 dan Box Media tetap bertanggung jawab penuh atas kesalahan yang terjadi.

"Panitia penyelenggara TMA 2021 dan Box Media bertanggung jawab atas kesalahan ini dan akan lebih berhati-hati dengan proses produksi kami di masa depan untuk menghindari insiden yang tidak menyenangkan semacam ini," ungkapnya.

Terlepas dari kontroversi plagiarisme yang dituduhkan kepada Moonbin ASTRO dan TMA 2021, selama acara tersebut grup yang dinaungi oleh Eunwoo itu berhasil membawa pulang penghargaan sebagai Artist of the Year (Bonsang) di The Fact Music Awards 2021.

Rekomendasi