Jadi Menko Pemerdayaan Masyarakat, Cak Imin Ngaku Dapat Tugas Penting dari Prabowo

| 21 Oct 2024 14:00
Jadi Menko Pemerdayaan Masyarakat, Cak Imin Ngaku Dapat Tugas Penting dari Prabowo
Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat Muhaimin Iskandar. (Era.id/Gabriella Thesa).

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin resmi dilantik sebagai Menteri Koordinator Bidang Pemberdayaan Masyarakat. Kementerian ini merupakan nomenklatur baru di Kabinet Merah Putih di era kepemimpinan Presiden Prabowo Subianto.

Dia mengungkapkan, akan ada sejumlah kementerian yang berada di bawah nauangannya, antara lain yaitu Kementerian UMKM, Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Sosial, Kementerian Perlindungan Pekerja Migran. Serta lembaga-lembaga terkait.

"Sehingga Kemenko ini mendorong upaya percepatan kapasitas kelembagaan, misalnya koperasi, perusahaan-perusahaan usaha kecil menengah, pemberdayaan masyarakat juga pemberdayaan individu-individu," kata Cak Imin di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (21/10/2024).

Dia mengatakan, mandat yang diberikan Prabowo kepada dirinya merupakan tugas yang sanngat penting dan serius.

Mantan Wakil Ketua DPR periode 2019-2024 itu pun meminta doa restu agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Sebab, dia ditargetkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan.

"Saya mohon doa restunya kepada seluruh masyarakat, kepada para kiai, pada ulama, agar tugas yang berat ini bisa saya laksanakan sehingga proses pemerintahan lima tahun ini di bawah kepemimpinan Pak Prabowo berhasil melahirkan kemajuan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan," kata Cak Imin.

Lantaran memimpin kementerian baru, Cak Imin mengaku akan berkantor di kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK).

Adapun Menko PMK kini dijabat oleh Pratikno.

"Kantornya di PMK," kata Cak Imin.

Rekomendasi