Benarkah Abu Janda atau Arya Permadi dalam Keadaan Koma?

Tim Editor

Arya Permadi alias Abu Janda. (Foto: Twitter/Arya Permadi)

ERA.id - Sebuah akun Facebook bernama Khalid bin Wahid mengunggah sebuah gambar dari tangkapan layar pada 27 Oktober 2020. Dalam gambar itu terdapat keterangan "Berita Abu Janda Hari Ini Keadaan Koma". 

"SUDAH SAYA BILANG HATI HATI DENGAN DATANG NYA ADZAB KALIAN BILANG TIDAK MUNGKIN ADA ADZAB, KALAU KATA ALLOH JUSTRU KALIAN SUDAH TERLALU DEKAT DENGAN ADZAB, MAKA APA YANG TERJADI, TIDAK ADA ORANG YANG TAHU DISITULAH HEBATNYA RAHASIA ALLOH," tulis narasi pada unggahan tersebut.

Pada gambar tersebut juga terdapat foto seseorang yang tengah dirawat. Bagaimana fakta sesungguhnya?

Hoaks Abu Janda dalam keadaan koma. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim Arya Permadi atau Abu Janda hari ini dalam keadaan koma adalah klaim yang salah. Tidak ditemukan informasi mengenai keadaan Abu Janda dalam keadaan koma, demikian dilansir dari laman turnbackhoax.id, Rabu (28/10/2020).

Dilihat ERA.id di akun Twitter Arya Permadi, ia masih aktif menulis tweet. Terakhir ia mengunggah sebuah video dan mengomentarinya pada Senin (26/10/2020).

Sedangkan, gambar yang terdapat dalam postingan tersebut, ditemukan foto aslinya pada situs penggalangan dana dan donasi kitabisa.com yang diunggah pada 23 Maret 2017. 

Diketahui seseorang dalam gambar pada postingan tersebut bernama Dista, foto tersebut diabadikan saat Dista dirawat dalam ruangan ICU Rumah Sakit. Dista merupakan seorang buruh cuci yang bekerja di usaha laundry milik tetangganya yang ada di Kota Duri, Riau. 

Hoaks Abu Janda dalam keadaan koma. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Ia mengalami kecelakan dan pendarahan hebat dikepalanya, sempat koma dan harus dirawat cukup lama diruang ICU Rumah Sakit dengan kebutuhan biaya yang cukup besar.

Dengan demikian, klaim berita Abu Janda hari ini keadaan koma adalah tidak benar dan termasuk dalam konten yang menyesatkan.

Hoaks Abu Janda dalam keadaan koma. (Foto: turnbackhoax.id)

Tag: berita hoaks era melawan hoaks cek fakta

Bagikan: