Menkes Terawan Diundang WHO Bicara Soal Penanganan Covid-19

| 06 Nov 2020 14:12
Menkes Terawan Diundang WHO Bicara Soal Penanganan Covid-19
Menkes Terawan Agus Putranto (Tsatsia/era.id)

ERA.id - Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mendapat undangan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam konferensi pers virtual tentang penanganan Covid-19, yang berlangsung sore ini, Jumat (6/11/2020).

Pertemuan itu menurut Kemenkes sebagai bentuk apresiasi dari WHO karena Menkes Terawan dinilai berhasil menangani pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Surat undangan tersebut diteken Asisten Direktur Jenderal Kesiapan Darurat WHO, Jaouad Mahjour, Jumat (30/10) lalu dan ditujukan kepada Menteri Terawan.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes, drg Widiyawati membenarkan bahwa Menkes Terawan akan bertemu secara virtual dengan WHO.

"Iya benar," kata Widiyawati saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Jumat (6/11/2020).

Berdasarkan surat dari WHO, konferensi pers bakal digelar virtual pada pukul 11.00 CET atau waktu Eropa Tengah. Pihak Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berlangsung sore nanti. "Nanti jam 5 sore," kata Wiwid, disapanya. 

Konferensi pers secara virtual itu membahas soal Intra-Action Review (IAR) Covid-19 bersama Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Menkes dari tiga negara lain. . 

IAR merupakan panduan yang dikeluarkan WHO yang dikembangkan untuk memandu negara-negara melakukan tinjauan berkala terhadap respons Covid-19 secara nasional dan subnasional.

Tedros akan mendengarkan masukan dari para menteri mengenai tindakan dalam penanganan Covid-19 atau tinjauan intra-tindakan (intra-action review/IAR).

"Dalam kapasitas inilah kami menyampaikan undangan bagi Anda untuk bergabung dalam konferensi pers Direktur Jenderal WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, dan Menteri Kesehatan dari tiga negara lain, dan berbagi pengalaman Indonesia yang berhasil melaksanakan IAR nasional Covid-19," tulis pesan dalam undangan tersebut.

Rekomendasi