Viral! Jenazah Laskar FPI Pengawal Rizieq Shihab Tesenyum, Ternyata Orangnya Masih Hidup

Tim Editor

Seseorang yang diklaim sebagai jenazah laskar FPI ternyata masih hidup. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Sejak insiden tewasnya 6 anggota laskar FPI pengawal Rizieq Shihab di Tol Jakarta-Cikampek, Senin (7/12) beredar di media sosial sebuah foto jenazah yang diduga laskar FPI. Gambar itu memperlihatkan seorang pria yang tengah terbaring dengan pose sambil tersenyum.

Sebuah akun Facebook bernama All Mustafa salah satu yang mengunggah foto jenazah tersenyum yang diklaim sebagai laskar FPI.

"Terharu melihat wajah mujahid ini," tulis narasi pada postingan tersebut. Di gambar juga terdapat narasi "Apa yang kau lihat saudaraku, sehingga senyummu begitu indah. Jika kau memang bersalah, tidak mungkin wajahmu begitu bahagia. (Kita pasti mati, dan apa yang kita kerjakan akan kita pertanggungjawabkan dihadapan Allah)".

Juga terdapat narasi "Inilah salah satu jenazah para pahlawan pengawal HRS, mujahid FPI yg di bunuh oleh oknum BIADAP. kami sangat menantikan saat2 seperti kalian rasakan. wajahmu dan senyummu begitu indah sehingga membuat kami sehingga membuat kami haus menanti waktu seperti ALLAH berikan kepada kalian."

Hoaks jenazah laskar FPI tersenyum. (Foto: turnbackhoax.id)

 

Berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id, klaim bahwa ada foto salah satu anggota FPI yang tewas dengan wajah yang tetap tersenyum adalah klaim yang keliru.

Faktanya, bukan foto salah satu jenazah anggota FPI pengawal HRS yang tewas. Pria yang tersenyum di foto tersebut saat ini masih hidup dan sudah memberikan klarifikasi melalui video.

Video klarifikasi ini salah satunya dibagikan akun facebook bernama Ustadz Brama Kumbara pada Rabu, 9 Desember 2020. Dalam video itu, pria tersebut tak menyangka fotonya yang tengah berbaring dan tersenyum viral. 

Ia berdoa semoga dalam keadaan khusnul khatimah jika kelak benar-benar meninggal. "Itu gambar kemarin, itu pas waktu acara habib datang itu, terus dikirim ke pembela ulama habib," kata sosok pria tersebut.

Seseorang yang diklaim sebagai jenazah laskar FPI ternyata masih hidup. (Foto: Istimewa)

 

Selain itu, foto tersebut pun telah dibantah oleh Bareskrim Mabes Polri. Foto tersebut bukan salah satu jenazah anggota FPI yang tewas.

"Kayaknya wajah itu bukan wajah di antara tersangka yang sudah diautopsi," kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian, dilansir Medcom, Rabu (9/12/2020).

Sementara itu, jenazah enam anggota laskar khusus Front Pembela Islam (FPI) yang tewas dalam insiden yang disebut baku tembak dengan aparat kepolisian telah dimakamkan.

"Sudah dimakamkan tadi pagi. Lima orang dimakamkan di Megamendung dan 1 orang di Jakarta," ujar Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar saat dihubungi wartawan, Rabu (9/12/2020).

Lima jenazah yang dimakamkan di Megamendung, Kabupaten Bogor, adalah Andi Oktiawan (33), Faiz Ahmad Syukur (22), Ahmad Sofiyan alias Ambon (26), Muhammad Suci Khadavi (21), dan Reza (20). Sedangkan jenazah Luthfil Hakim (25) dimakamkan di Cengkareng, Jakarta Barat.

Tag: fpi berita hoaks era melawan hoaks rizieq shihab cek fakta habib rizieq pengikut rizieq shihab serang polisi laskar fpi jenazah fpi jenazah laskar fpi

Bagikan: