Rangkap Jabatan Menteri dan Wali Kota Surabaya, Risma: Sudah Izin Pak Presiden

Tim Editor

Sertijab Tri Rismaharini (Dok. Kemensos)

ERA.id - Tri Rismaharini resmi menjabat sebagai Menteri Sosial setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/12/2020) pagi tadi. Meski begitu, Risma mengaku masih tetap memegang jabatan sebagai Wali Kota Surabaya untuk sementara waktu.

"Saya masih merangkap wali kota (Surabaya) jadi saya untuk sementara waktu," ujar Risma saat acara serah terima jabatan, seperti dikutip dari kanal YouTube Kemensos RI, Rabu (23/12/2020).

Risma mengaku, rangkap jabatan ini sudah atas seizin Presiden Jokowi. Dia mengatakan Jokowi memperbolehkannya untuk bolak balik Jakarta-Surabaya.

"Kemarin saya sudah izin Pak Presiden (Jokowi), 'bagaimana?', 'ndak apa-apa, sudah Bu Risma pulang pergi (Jakarta-Surabaya)'," kata Risma meniru percakapannya dengan Jokowi.

Risma mengaku masih ada tanggung jawab yang harus diselesaikannya sebagai Wali Kota Surabaya, yaitu meresmikan sejumlah bangunan. Salah satunya adalah jembatan.

"Saya cuma ingin ke Surabaya itu ngeresmiin jembatan. Saya buat jembatan ada air mancurnya, sayang kalau saya enggak ngeresmikan itu," kata Risma.

Selain jembatan, Risma juga akan meresmikan museum olahraga yang ada di Surabaya. Risma bilang, di dalam museum itu akan ada sejumlah benda-benda bersejarah milik para atlet legenda di Indonesia.

"Sama meresmikan museum olahraga karena di situ ada jersey Rudi Hartono, raketnya Alan Budikusuma, saya pengen ngeresmikan itu untuk anak-anak Surabaya," kata Risma.

Seperti diketahui, Risma menjabat sebagai Wali Kota Surabaya selama dua periode sejak tahun 2010 hingga 2020. Menjelang masa akhir jabatannya, Risma menerima tawaran dari Presiden Joko Widodo untuk menempati posisi Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang tersangkut kasus korupsi bantuan sosial COVID-19.

Tag: jokowi wali kota surabaya, tri rismaharini tri rismaharini risma mensos mensos tri rismaharini

Bagikan: