Sambal Bawang Ampuh Cegah COVID-19? Simak Penjelasannya

| 04 Jan 2021 20:08
Sambal Bawang Ampuh Cegah COVID-19? Simak Penjelasannya
Ilustrasi sambal bawang. (Foto: www.agrowindo.com)

ERA.id - Sebuah pesan berantai telah beredar di media sosial WhatsApp dan Facebook yang memuat narasi bahwa sambal bawang bisa menangkal COVID-19.

Narasi tersebut diposting oleh Satrio Ega dalam grup Facebook Magetan Facebooker’s pada 27 Desember 2020, dengan jumlah like sebanyak 37 warganet, 9 komentar, dan 3 kali dibagikan.

Berikut isi pesan berantai yang mengklaim sambal bawang bisa mencegah penularan virus corona baru:

SAMBEL BAWANG

Pesan simbah ku biyen , ojo lali kala-kala ( kadang-kadang ) maem gawe “sambel bawang” Lee….

Ternyata ohh ternyata…. Leluhur kita sudah meramu resep penangkal segala virus /bakteri sedari dulu…

Tau kah anda ? Sambel bawang adalah resep warisan leluhur dgn komposisi yg sangat tepat untuk memperbaiki antibody tubuh kita.

Kenapa bawang mentah ? Di dalamnya terdapat zat antioksidan alami yg sangat dibutuhkan tubuh , kudu dengan cabe rawit , kenapa ? Di dalam cabe rawit banyak terkandung vitamin C dosis tinggi , sehingga bagus untuk daya tahan tubuh…

Kenapa sambel bawang diuleg dalam keadaan mentah ? Dan di siram minyak ( minyak goreng ) ? Agar zat di dalam bawang putih yg keluar saat diuleg , tidak sampai menguap dan hilang begitu saja…

Terikat di dalam sambal dan lebur dengan minyak goreng , yg selanjutnya kita konsumsi…

Maka dari itu tidak perlu panik , selama masih doyan makan pake sambal bawang dan tetap menjaga PHBS.

virus/kuman/bakteri jahat , Tak akan pernah mampir ke tubuh kita.. Jgn lupa tetap cuci tangan , kalo tak ada antiseptik , sabun colekpun okelahh…

Kenapa orang di luar negeri banyak yg kena virus corona? Mungkin karena mereka nggak kenal dan nggak pernah di warisi resep ini sama leluhur mereka , bersyukurlah kita.. Sebagai bangsa Indonesia.. Karena itulah penangkal nya corona…. SAMBAL BAWANG.

Namun, berdasarkan hasil penelusuran, dilansir dari laman turnbackhoax.id, yang mengutip kompas.com, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Ari Fahrial Syam mengatakan, informasi sambal bawang dapat menangkal virus corona tidak benar. 

Sebab dalam bawang dan cabai rawit tidak terdapat kandungan secara rinci yang dapat menangkal virus Corona.

"Hoaks. Tidak ada yang spesifik menangkal virus, walau kita tahu cabai mengandung vitamin C," kata dr. Ari kepada kompas.com pada Kamis 31 Desember 2020.

Sebagai tambahan, dalam akun Twitter resmi WHO Filipina, menyebut bawang memang makanan yang menyehatkan yang mengandung kandungan antimikroba. Akan tetapi, tidak ada bukti bawang dapat melindungi orang dari virus Corona.

Sehingga klaim mengenai sambal bawang dapat menangkal corona dapat dikatakan hoaks dengan kategori konten yang salah.

Rekomendasi