Termasuk Jokowi, Ini Daftar Kelompok Vaksinasi COVID-19 Perdana

| 07 Jan 2021 20:20
Termasuk Jokowi, Ini Daftar Kelompok Vaksinasi COVID-19 Perdana
Presiden Jokowi (Foto: Antara)

ERA.id - Pemerintah Indonesia menjadwalkan akan memulai program vaksinasi COVID-19 pada pekan depan. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan ada tiga kelompok yang akan mendapatkan penyuntikan perdana vaksin COVID-19, salah satunya adalah Presiden Jokowi.

"Jadi ada tiga kelompok besar yang akan menerima penyuntikan vaksin perdana. Yaitu kelompok satu itu adalah pejabat publik pusat dan daerah," ujar Wiku dalam keterangan pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (7/1/2021).

Kelompok kedua yang mendapatkan vaksinasi perdana adalah pengurus asosiasi tenaga kesehatan dan pimpinan kunci dari institusi kesehatan di daerah. Kemudian kelompok ketiga yang akan mendapatkan vaksinasi COVID-19 perdana adalah tokoh agama di daerah.

"Hal ini mencerminkan komitmen pemerintah untuk menyediakan vaksin yang aman dan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia. Sekaligus momen untuk mengajak masyarakat tidak ragu divaksinasi," kata Wiku.

Adapun tahapan vaksinasi COVID-19 berikutnya akan dilakukan secara bertahap kepada seluruh masyarakat di Indonesia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pernah menyampaikan bersedia menjadi orang pertama yang mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

Berdasarkan keterangan pers yang dibagikan Puspen Kemendagri, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan proses vaksinasi COVID-19 perdana pada Rabu pekan depan tanggal 13 Januari 2021.

"Penyuntikan pertama (vaksin COVID-19) akan dilakukan Rabu depan di Jakarta, oleh Bapak Presiden (Jokowi)," kata Budi, Selasa (5/1/2020).

Rekomendasi