Jokowi Perpanjang PPKM Jawa-Bali Hingga Bulan Depan, Mal dan Restoran Boleh Buka Sampai Jam 8 Malam

| 21 Jan 2021 14:56
Jokowi Perpanjang PPKM Jawa-Bali Hingga Bulan Depan, Mal dan Restoran Boleh Buka Sampai Jam 8 Malam
Airlangga Hartarto (Dok. Kemenko Perekonomian)

ERA.id - Pemerintah resmi memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga 8 Februari 2021. Sebelumnya, PPKM dimulai sejak 11 Januari hingga 25 Januari 2021.

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga HArtarto dalam konferensi pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (21/1/2021).

"Tadi bapak Presiden (Joko Widodo) meminta agar pembatasan kegiatan masyarakat ini dilanjutkan dari tanggal 26 Januari sampai dengan tanggal 8 Februari," ujar Airlangga.

Airlangga mengatakan, nantinya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian akan kembali mengeluarkan instruksi Mendagri terkait perpanjangan PPKM. Diharapkan masing-masing gubernur dapat mengevaluasi hasil PPKM di daerahnya masing-masing.

Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, terdapat perubahan dalam kebijakan PPKM, yaitu mengenai jam operasional mal dan restoran diperpanjang hingga pukul 20:00. Sebelumnya, mall dan restoran selama PPKM berlangsung hanya boleh beroperasi hingga pukul 19:00 saja.

"Pembatasan kegiatan yang diatur ada perubahan yaitu di sektor mall dan restoran, di mana mall dan restoran yang dalam perbatasan kemarin maksimal jam 19:00. Nah karena ada beberapa daerah yang agak flat, maka ini diubah menjadi sampai dengan jam 20:00 malam," kata Airlangga.

Sedangkan untuk pembatasan kegiatan lainnya tidak mengalami perubahan. Seperti kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring, 75 persen perkantoran melakukan work from home, fasilitas umum ditutup, tempat ibadah dibatasi 50 persen, semetara untuk transportasi umum diatur oleh masing-masing pemerintah daerah.

"Itu keputusan dari rapat hari ini," kata Airlangga.

Rekomendasi