Baru Dilantik Jadi Kepala IKN Nusantara, Bambang Susantono Ungkap Perlu 20 Tahun Untuk Bangun Ibu Kota Nusantara dengan Baik

| 10 Mar 2022 20:14
Baru Dilantik Jadi Kepala IKN Nusantara, Bambang Susantono Ungkap Perlu 20 Tahun Untuk Bangun Ibu Kota Nusantara dengan Baik
Bambang Susantono (Dok. BPMI)

ERA.id - Kepala Otorita Ibu ota Negara (IKN) Nusantara Bambang Susantono menyebut, sudah mendapatkan sejumlah pengarahan dari Presiden Joko Widodo untuk membangun ibu kota negara baru yang terletak di Kalimantan Timur.

Salah satunya yaitu, menginginkan agar IKN Nusantara yang dapat membangun peradaban baru.

Hal ini disampaikan Bambang usai dilantik sebagai Kepala Otorita IKN Nusantara di Istana Negara, Jakarta, Kamis (10/3/2022).

"Jadi kami memang sudah ada diskusi awal dengan bapak presiden. Dan titipan dari bapak presiden itu tadi salah satunya kota itu harus membangun suatu peradaban baru," kata Bambang.

Presiden Jokowi, kata Bambang, juga berpesan agar pembangunan IKN tidak hanya sekedar program membangun fisik. Tetapi juga mengedepankan interaksi antarwarga, ada kemampuan digitalisasi yang mewarnainya, dan tetap menjunjung nilai humanis dan kerekatan sosial.

"Ini semua tentu terangkum dalam kesatuan di mana kota tersebut dibangun untuk semua kalangan, city for all istilahnya, karena itu sifatnya inklusif," kata Bambang.

Namun, menurut Bambang, untuk membangun kota yang baik diperlukan waktu 15-20 tahun. Dalam jangka waktu itulah sebuah kota baru akan memiliki roh.

"Untuk membangun kota dengan baik tentu memerlukan waktu 15-20 tahun biasanya sehingga kota itu benar-benar mempunyai roh atau soul of the city," kata Bambang.

Oleh karena itu, mulai hari ini Bambang bersama Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Rahajoe akan mulai bekerja membangun kota yang inklusif, hijau, cerdas, dan berkelanjutan.

Sejumlah langkah-langkah strategis juga akan dilakukan Bambang untuk memulai tugas barunya ini. Diantaranya yaitu menghubungi pihak terkait yang telah mempersiapkan konsep dari IKN di antaranya adalah Bappenas dan Kementerian/Lembaga terkait seperti PUPR.

"Melalui kesempatan ini kami mengharapkan dukungan dari semua pihak, dukungan dari semua masyarakat karena kota ini adalah kota yang merefleksikan kenusantaraan kita semua," pungkasnya.

Kami juga pernah menulis soal Pemerintah Percepat Operasional Otorita IKN Nusantara, Kapan Jokowi Pindah? Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi