Dulu Minyak Goreng Langka, Sekarang 'Banjir' saat HET Dicabut, Dessy Ratnasari: Uniknya Indonesia

| 21 Mar 2022 14:38
Dulu Minyak Goreng Langka, Sekarang 'Banjir' saat HET Dicabut, Dessy Ratnasari: Uniknya Indonesia
Anggota DPR RI Dessy Ratnasari (DPR)

ERA.id - Anggota DPR RI Dessy Ratnasari menyentil Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi soal polemik minyak goreng, yang sebelumnya langka, kini 'banjir' di pasar.

Dalam sebuah video yang diunggah Partai Amanat Nasional, pelantun lagu 'Tenda Biru' ini mengeluhkan, kalau ia sebagai ibu-ibu bingung dengan kebijakan pemerintah.

"Aduh Pak Mendag, saya tuh suka bingung sebagai ibu-ibu, ya. Kemarin minyak tak ada," bebernya.

Ia melanjutkan, walau dirinya mengurangi makan gorengan, namun ia tak menutup mata kalau minyak goreng masih diburu oleh pedagang gorengan. Nah, permasalahannya, harganya melambung usai Lutfi mencabut Harga Eceran Tertinggi (HET).

Kini, minyak dalam kemasan itu dibanderol seharga Rp24.000 per liter. Sementara kemasan 2 liter ada yang mencapai Rp49.000. Lalu minyak goreng curah, harga dipatok Rp14.000 hingga Rp17.000 di pasaran,

Untuk diketahui, sebelumnya pemerintah menetapkan HET Rp14.000 per liter minyak goreng kemasan premium, Rp13.500 per liter minyak goreng kemasan sederhana, dan Rp11.500 per liter minyak goreng curah.

"Eh uniknya, itulah Indonesia. Setelah kebijakan HET ditiadakan, banjir itu yang namanya minyak. Ini teh gimana ya? Apa yang terjadi sesungguhnya? Ada yang bisa jawab, Pak Menteri?" tandas Dessy.

Diketahui Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamamd Lutfi sebelumnya menyatakan, per 16 Maret 2022, pihaknya menerbitkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 11/2022 yang mencabut ketentuan HET Permendag No 06/2022 tentang Penetapan Harga Eceran Tertinggi Minyak Goreng.

"Permendag ini berlaku sejak diundangkan," kata Lutfi dalam rapat kerja (Raker) dengan Komisi VI DPR RI terkait Pembahasan Mengenai Harga Komoditas dan Kesiapan Kementerian Perdagangan dalam Stabilisasi Harga dan Pasokan Barang Kebutuhan Pokok Menjelang Puasa dan Lebaran, Kamis, (17/3).

Kami juga pernah menulis soal Kemarin Megawati Sentil Ibu-Ibu yang Antre Minyak Goreng, Kini Disindir: Daripada Rebutan Jatah Menteri Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

 

Rekomendasi