Heboh Anggaran Miliaran Buat Ganti Gorden-Aspal Gedung Parlemen, DPR: Sudah Lama Nggak Diganti

| 28 Mar 2022 12:37
Heboh Anggaran Miliaran Buat Ganti Gorden-Aspal Gedung Parlemen, DPR: Sudah Lama Nggak Diganti
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad (DPR)

ERA.id - Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad angkat bicara terkait anggaran untuk ganti gorden sebesar Rp48,7 miliar dan pelapisan aspal sebesar Rp11 miliar.

Menurutnya, hal itu sudah diusulkan oleh Sekretariat Jenderal DPR RI sejak lama.

"Ini diusulkan oleh kesekjenan tapi sudah lama," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/3/2022).

Terkait dengan pelapisan aspal, Dasco beralasan seluruh jalan di kompleks parlemen memang perlu diaspal ulang untuk menerima tamu delegasi pada Juli mendatang. Menurutnya, pelapisan aspal ini untuk memberikan kesan baik kepada perwakilan delegasi dari 40 negara yang akan hadir di DPR RI.

"Jalan di DPR ini sudah berkali-kali ulang dilapis-lapis tapi kemudian diputuskan harus diaspal secara keseluruhan karena nanti pada bulan Juli ada delegasi sekitar 38 atau 40 negara yang akan datang ke DPR," kata Dasco.

"Kita ingin kesan terhadap parlemen kita ini juga kurang baik. Ya bisa lihat sendiri wartawan nanti, aspal-aspal ini kayak gimana," imbuhnya.

Sementara terkait dengan anggaran gorden, Dasco beralasan sudah sejak tahun 2015 sejumlah gorden di rumah dinas para anggota dewan tidak diganti. Bahkan sejumlah rumah pun tidak memiliki gorden.

"Gorden itu dari 2015 sampai dengan sekarang, rumah dinas itu belum pernah diganti. Jadi gorden itu ada yang masih ada, ada yang tidak ada," ucapnya.

Dia mengaku, tahun-tahun sebelumnya DPR RI tidak memiliki anggaran untuk mengganti gorden, sehingga baru diusulkan di 2022 ini. Selain itu, pergantian gorden diusulkan Kesekjenan DPR karena keluhan anggota dewan.

"Karena anggaran yang tidak mencukupi kemarin-kemarin itu, sehingga kemudian diputuskan pada tahun ini diganti dengan lelang yang terbuka. Itu pun atas usulan Sekretariat Jenderal DPR yang menerima keluhan anggota, bukan cuma periode ini, tapi juga periode yang lalu," papar Dasco.

Mengenai masalah spesifikasi, Dasco mengaku tidak ikut campur. Jumlah anggota dewan yang menempati rumah dinas pun banyak sehingga perlu diganti.

"Persentase antara yang tidak menempati dan menempati saya rasa lebih banyak yang ditempati karena ini banyak yang dari daerah, kita sudah cek itu," kata Dasco.

Untuk diketahui, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menganggaran puluhan miliran rupiah untuk membeli gorden rumah dinas anggota dewan, hingga pelapisan aspal di kompleks parlemen. Anggaran tersebut berasal dari APBN 2022.

Dikutip dari situs lpse.dpr.go.id pada Senin (28/3/2022). DPR RI menganggaran Rp48,7 miliar untuk mengganti gorden.Tender tersebut diberi nama 'Penggantian Gordyn dan Blind DPR RI Kalibata', dengan kode tender 732087 dan diikuti 49 peserta.

Selain ganti gorden, DPR RI juga menganggaran Rp11 miliar untuk pelapisan aspal hotmix area kompleks parlemen.

Dikutip dari situs sirup.lkpp.go.id, anggaran tersebut diberi nama 'Pelapisan Aspal Hotmix Area Komplek DPR RI', dengan kode RUP 35120066. Anggaran berasal dari APBN 2022.

Kami juga pernah menulis soal Wow! DPR Anggarkan Rp48 Miliar untuk Ganti Gorden Rumah Dinas Anggota Dewan Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi