Dukung Jokowi Marahi Menteri Terkait Wacana 3 Periode, Puan: Topik Pemulihan Ekonomi Lebih Penting

| 07 Apr 2022 08:14
Dukung Jokowi Marahi Menteri Terkait Wacana 3 Periode, Puan: Topik Pemulihan Ekonomi Lebih Penting
Ketua DPR Puan Maharani (Antara)

ERA.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menilai, topik mengenai pemulihan ekonomi rakyat lebih penting ketimbang membicarakan wacana penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan perpanjangan masa jabatan presiden.

Hal ini merespons perintah Presiden Joko Widodo yang melarang para menterinya untuk membuat polemik di masyarakat terkait wacana penundaan pemilu atau perpanjangan masa jabatan Presiden.

"Kalau ada yang beralasan wacana tersebut sah dalam negara demokrasi, saya pikir topik tentang pemulihan ekonomi rakyat sekarang ini lebih penting untuk dibicarakan di ruang publik," kata Puan melalui keterangan tertulisnya, Rabu (6/4/2022).

Puan menegaskan, yang dibutuhkan rakyat saat ini bukanlah perbincangan penundaan pemilu atau perpanjangan presiden. Melainkan harga-harga bahan pokok melambung naik dan susah didapatkan masyarakat, terlebih menjelang Lebaran.

Politisi PDI Perjuangan itu menilai, ketika pemerintah lewat para menterinya terus mendengungkan wacana penundaan pemilu dan perpanjangan masa jabatan presiden, hal tersebut justru akan mengurangi kepercayaan publik terhadap pemerintah.

"Kalau kepercayaan terhadap pemerintah menurun, justru seluruh elemen bangsa yang merugi. Padahal di saat-saat seperti ini, sangat dibutuhkan kerjasama dan gotong royong semua elemen bangsa, baik pemerintah, aparat negara, swasta dan seluruh rakyat untuk bisa sama-sama pulih dari dampak pandemi Covid-19 yang memukul kita dua tahun belakangan ini," kata Puan.

Puan berharap, para menteri di Kabinet Indonesia Maju menuruti larangan Jokowi dan fokus menyelesaikan masalah yang tengah dihadapi pemerintah.

"Kami tentu berharap para menteri mengikuti perintah Presiden, sehingga bisa lebih fokus membantu Presiden mengatasi berbagai persoalan bangsa, khususnya kenaikan berbagai harga komoditas yang memberatkan rakyat saat ini," kata Puan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menegaskan agar jajaran menterinya fokus bekerja, khususnya dalam mengahadapi berbagai kesulitan global yang saat ini terjadi.

Secara khusus, Jokowi menyinggung agar tak ada lagi jajaran menterinya yang berbicara mengenai penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dan perpanjangan sama jabatan presiden.

Hal itu disampaikan Jokowi dalam Sidang Kabinet Parpurna di Istana Negara pada Selsa (5/6/2022).

"Fokus pada bekerja dalam penanganan kesulitan-kesulitan yang kita hadapi. Jangan sampai ada lagi yang menyuarakan mengenai penundaan (Pemilu 2024), urusan perpanjangan (masa jabatan presiden). Ndak!" tegas Jokowi dikutip dari video yang diunggah di Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (6/4/2022).

Kami juga pernah menulis soal Minta Masyarakat Tak Bahas Lagi Soal 3 Periode, Moeldoko: Presiden Sudah Jelas, Mau Ngomong Apa Lagi? Kamu bisa baca di sini

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi