Begini Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Jadi Google Doodle Hari Ini

| 12 Sep 2022 13:20
Tampilan Google Doodle (Tangkapan Layar)

ERA.id - Sejarah mangkuk ayam jago khas penjual makanan seperti mie ayam dan bakso tampak menarik untuk dibahas. Apalagi pada hari ini, Senin 12 September 2022, mangkok legendaris tersebut dijadikan doodle oleh Google!

Kami yakin jika Anda adalah bagian dari orang yang pernah makan dari mangkuk putih dengan lukisan ayam jago hitam-merah. Mangkuk bergambar ayam jago ini identik dengan kuliner jalanan di seluruh negeri.

Tangkapan mangkok ayam jago di market place (BliBli)

Gambar mangkok ayam jago memang sangat ikonik dan tersebar luas. Dilansir dari Vice,  PT. Lucky Indah Keramik telah mengklaim hak atas gambar mangkok ikonik tersebut.

Lucky Indah Keramik dibentuk pada tahun 1972 dan memiliki dua pabrik di Tangerang dan Depok. Dalam pengumumannya, perusahaan mengatakan bahwa siapa pun yang memproduksi, menggunakan, atau memperdagangkan gambar ayam jantan dapat dipenjara lima tahun di balik jeruji besi atau didenda sebesar Rp2 miliar. Wow!

Sejarah Mangkuk Ayam Jago yang Kini Kena Hak Cipta

Di Indonesia sendiri pada tahun 1990-an, banyak merek bumbu penyedap menawarkan mangkuk sebagai insentif untuk membeli produk mereka. Lucky Indah Keramik sendiri menyatakan jika perusahaan telah mendistribusikan mangkok ayam tersebut sejak tahun 1970-an.

Meskipun kini mudah untuk mendapatkan mangkuk palsu dari China dengan logo Lucky Fine China, ternyata harga yang asli bisa sampai dua kali lipat. Jika harga mangkok palsu seharga Rp84.000, bisa dihitung lagi berapa harga yang asli.

Menariknya soal polemik ilustrasi ayam jago tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi banyak negara lain. Hal tersebut dijelaskan Nurul Taufiqu Rohman, peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Menurut Nurul, selama belum ada pihak yang mematenkan gambar mangkok ayam legendaris tersebut, maka setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mematenkannya.

Meskipun proses paten terlihat sangat mudah, namun pihak LIPI menegaskan jika klaim akan diselidiki dan pemohon harus dapat memberikan bukti bahwa merekalah yang sebenarnya menciptakan ilustrasi ayam tersebut.

Akan tetapi apabila tidak terdapat pihak yang merasa dirugikan atau memprotes klaim mangkok ayam tersebut, maka hak paten dapat diberikan.

Mangkok Ayam Jago Tidak Hanya di Indonesia

Mangkok ayam jago bahkan dapat ditemukan di negara tetangga, Malaysia. Dilasir dari says.com, mangkok ayam nostalgia tersebut dapat dengan mudah ditemukan di restoran Cina atau bahkan di meja makan kakek nenek orang-orang Malaysia.

Mangkuk porselen yang terkenal itu dikenal sering digunakan untuk menyajikan hidangan nasi dan mie di banyak restoran Cina di Malaysia, seperti warung bak kut teh, pusat jajanan, dan kopitiam.

Mangkok ayam memiliki begitu banyak nilai sentimental diantara penduduk setempat sehingga anggota dewan Pandamaran, Tony Leong Tuck Chee, membangun monumen mangkok ayam di atas alas beton di Port Klang Malaysia.

Pada Januari 2021, Leong mendirikan tugu di Kampung Baru Pandaraman, Pelabuhan Klang, sebagai penghormatan kepada mangkok ayam jago yang terkenal itu..

Selain mangkuk ayam jago, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi