Apa Itu Ban RFT di Mobil Presiden dan Apakah Bisa Bocor?

| 25 Jan 2024 23:04
Apa Itu Ban RFT di Mobil Presiden dan Apakah Bisa Bocor?
Apa itu ban rft di mobil presiden (unsplash)

ERA.id - Ban RFT menjadi perbincangan setelah video yang beredar di media sosial baru-baru ini memperlihatkan ban mobil presiden yang dinarasikan bocor. Lantas apa itu ban RFT di mobil presiden?

Terkait kendaraan yang digunakan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikabarkan bocor, informasi ini tidak sepenuhnya benar. Faktanya, ban pada mobil presiden tidak bocor.

Kendaraan presiden ini menggunakan ban mobil dengan spesifikasi khusus yang dikenal sebagai Run-Flat Tire (RFT) dan dilengkapi dengan kemampuan antipeluru.

Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang teknologi ban RFT, keamanan yang dihadirkannya, serta kebenaran informasi terkait ban bocor yang beredar di media sosial.

Apa Itu Ban RFT?

Meskipun pertama kali muncul pada pertengahan 1980-an, ban run flat (RFT) kini lebih populer daripada sebelumnya. Beberapa produsen otomotif menjadikan model ban ini sebagai standar dalam kendaraan baru, dan konsumen lebih banyak bertanya tentang run flat, keuntungan, dan bagaimana penggunaannya mempengaruhi pengemudi.

Dilansir dari laman Bridgestone Tire, ban run flat adalah ban di mana Anda masih dapat melanjutkan perjalanan setelah bocor, sehingga Anda memiliki waktu untuk mencari bengkel atau menemukan area yang aman dan datar untuk mengganti ban.

Namun, Anda tidak dapat mengendarainya secara tak terbatas. Untuk itu, periksa spesifikasi produsen untuk mengetahui seberapa cepat dan seberapa jauh Anda dapat mengendarai ban run flat Anda.

Sebagai contoh, ban run flat Bridgestone memungkinkan pengoperasian terus-menerus bahkan setelah kehilangan sebagian atau seluruh tekanan hingga jarak maksimal 50 mil (80 km) dengan kecepatan maksimum 50 mph (80 km/jam).

Cara Kerja Ban RFT

Ada dua jenis sistem ban run flat utama yaitu sistem self-supporting dan sistem cincin penopang.

Pada sebagian besar sistem ban run flat self-supporting, ban memiliki konstruksi dinding samping yang diperkuat dan akan terus mendukung kendaraan dalam kondisi kehilangan udara. Konstruksi ini memungkinkan pengoperasian setelah kehilangan tekanan udara hingga kecepatan dan jarak yang ditentukan oleh produsen.

Kemudian pada sistem ban run flat dengan cincin penopang akan menggunakan cincin karet keras atau struktur lain yang dapat menopang berat kendaraan dalam kondisi kehilangan udara.

Karena tetap berkinerja meskipun "kempes," semua ban run flat, terlepas dari jenis sistem spesifik, hanya boleh digunakan pada kendaraan yang dilengkapi dengan Sistem Pemantau Tekanan Ban (TPMS).

TPMS memberi peringatan segera begitu salah satu ban Anda kehilangan tekanan. Tanpa itu, Anda mungkin tidak menyadari bahwa Anda mengemudi dengan ban yang kurang angin.

Ban RFT memungkinkan Anda tidak langsung mengganti ban (freepik)

Apa Saja Keuntungan Memakai Ban RFT?

Anda tidak perlu mengganti ban di kondisi berbahaya atau tidak nyaman. Hal ini mungkin adalah keuntungan terbesar dari ban run flat dan merupakan salah satu alasan mengapa mereka dirancang.

Dalam situasi bocor, ban run flat akan bekerja lebih stabil dibandingkan dengan ban konvensional. Ban ini dirancang untuk menopang kendaraan Anda bahkan saat tidak ada udara.

Selain itu, ban run flat akan membantu Anda mempertahankan kendali yang lebih baik dalam situasi kehilangan udara total dibandingkan dengan ban konvensional.

Seiring konsumen terus menilai keselamatan sebagai fitur utama yang mereka cari dalam sebuah kendaraan, popularitas ban run flat diperkirakan akan terus tumbuh. Hal ini dikarenakan ban run flat dapat bekerja secara handal dengan teknologi terinterkoneksi seperti TPMS.

Selain apa itu ban rft di mobil presiden, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi