Berbagai Tips Aman Terhindar dari Copet, Selalu Jaga Barang Bawaan Anda

| 11 Nov 2022 13:05
Berbagai Tips Aman Terhindar dari Copet, Selalu Jaga Barang Bawaan Anda
Ilustrasi tips aman pencopetan (unsplash)

ERA.id - Kasus COVID-19 di Indonesia cukup landai sehingga aktivitas masyarakat di tempat umum kembali normal. Terkait hal tersebut, tindak kriminalitas pencopetan menjadi hal yang perlu diwaspadai. Tips aman terhindar dari copet perlu Anda pahami agar uang dan barang bawaan tetap aman.

Kejahatan tidak hanya terjadi karena ada niat dari pelaku, tetapi juga dari adanya kesempatan. Oleh sebab itu, di mana pun Anda berada, kehati-hatian adalah kunci untuk menghindari tindak kriminal.

Tips Aman Terhindar dari Copet

Dikutip Era dari Kompas, beberapa hal bisa dilakukan agar uang dan barang Anda tidak dicopet. Tips ini didapatkan dari pimpinan copet.

"Pertama, tas taruh di bagian depan. Kedua, tidak boleh ada sedikit pun ritsleting yang terbuka, walaupun sedikit saja," ungkap pimpinan copet tersebut kepada produser program KompasTV, Aiman Witjaksono.

Ilustrasi tempat ramai (unsplash)

Jika tips-tips tersebut tidak dilakukan, Anda bisa menjadi target pencopetan. Menurut penuturan pimpinan copet, pencopet mengalami kesulitan jika tas diletakkan di depan badan. Ponsel juga jadi sasaran yang sulit jika selalu dipegang.

Namun, jika tas ada dibelakang, apalagi dengan ritsleting terbuka, pencopet bisa menggasak isi tas dengan mudah. Untuk lebih jelas soal tips terhindar dari pencopetan, simak uraian berikut.

1. Riset

Jika Anda mau datang ke tempat wisata atau tempat umum yang biasanya ramai, Anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Salah satu hal yang mudah dilalukan adalah mencari informasi di internet soal tempat tujuan tersebut.

Ketika Anda melakukan riset, Anda bisa lebih tahu kondisi tempat tujuan Anda sehingga tidak bingung ketika ada di lokasi. Hal ini juga akan menjaga fokus dan konsentrasi Anda selama di tempat tersebut.

2. Hindari tempat rawan

Pelaku kejahatan, terutama pencopet dan penipu, punya tempat-tempat favorit untuk melakukan kejahatan. Selain itu, mereka punya pola yang mirip.

Beberapa tempat yang perlu peningkatan kewaspadaan adalah pasar malam, bazar, lorong sempit, kendaraan umum, atau tempat yang membuat kita berdesak-desakan. Terkait tempat yang membuat Anda berdesakan, salah satu contohnya adalah lokasi festival atau konser yang menghadirkan kerumunan.

3. Perhatikan penampilan

Sebaiknya Anda tidak berpenampilan mencolok sebab bisa menjadi sasaran para pencopet. Jika Anda menggunakan aksesori mahal, seperti cintin bermata besar atau kalung besar, kewaspadaan harus ditingkatkan.

Selain itu, sebaiknya Anda menggunakan pakaian kasual yang nyaman. Barang-barang berharga disimpan di tas yang tertutup rapat. Kemudian, seperti disampaikan di awal, tas diletakkan di depan badan.

4. Fokus

Para copet bekerja secara berkelompok. Biasanya, mereka bekerja sama untuk menciptakan keributan dan kekacauan di sekitar target. Berikut adalah berapa trik yang biasanya digunakan oleh para pencopet: pura-pura bertanya jalan, menumpahkan air atau makanan ke baju, pura-pura minta tolong, dan menabrak kemudian marah. 

Itulah beberapa tips aman terhindar dari copet. Persiapan dan kewaspadaan adalah hal yang penting agar Anda terhindar dari pencopetan, terutama di tempat ramai.

Rekomendasi