Beberapa Cara Agar Rambut Terlihat Basah dan Hitam, Simak Yuk!

| 26 Jan 2023 17:05
Beberapa Cara Agar Rambut Terlihat Basah dan Hitam, Simak Yuk!
Ilustrasi (Scandinavian Biolabs/Pexels)

ERA.id - Setiap orang tentunya ingin memiliki rambut yang lembab, lembut, jatuh, hitam, dan indah. Namun, terkadang ada saja permasalahan yang dialami setiap orang seperti rambut rontok, patah, dan kusut. Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa melakukan rutinitas perawatan rambut yang tepat dan aman untuk dilakukan. Lantas bagaimana cara agar rambut terlihat basah dan hitam sepanjang hari? Nah, simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Agar Rambut Terlihat Basah dan Hitam

Ilustrasi rambut lepek. (Unsplash)

1. Mengaplikasikan Kondisioner untuk Rambut

Cara agar rambut terlihat basah dan hitam yaitu dengan mengaplikasikan kondisioner secara rutin. Kondisioner lebih populer sebagai agen pelembab rambut yang komposisinya terdiri dari komposisi minyak esensial serta kandungan yang lain. Kandungan tersebut memberikan manfaat untuk perlindungan dan mencegah kerusakan pada rambut.

Kondisioner dapat memberikan nutrisi yang cukup untuk akar rambut, sehingga rambut akan tetap basah dan terhindar dari lepek. Rambut juga akan terasa lebih halus dan gampang untuk ditata. Sebelum menggunakan kondisioner, Anda dapat menyesuaikan kebutuhan rambut, mulai dari rambut normal, berminyak, kering, hingga rambut yang diwarnai.

2. Membilas Rambut dengan Air Dingin

Cara berikutnya agar rambut tetap lembab dan hitam yaitu membilas rambut dengan menggunakan air dingin. Hal ini disebabkan rambut kita terlalu sering terkena air panas saat membilas, sehingga minyak alami yang terdapat pada helaian rambut akan hilang. Mengutip laman Herworld, air panas juga berpotensi membuka lapisan kutikula atau lapisan paling luar dari helai rambut dan tentunya kesehatan rambut akan terganggu.

3. Mengatur Waktu untuk Keramas

Cara lainnya agar rambut tetap terlihat basah dan hitam yaitu dengan mengatur waktu keramas. Rambut memang akan terlihat bersih dari kotoran dan sebum berlebih. Namun, minyak alami yang terdapat pada rambut ikut terangkat sehingga secara alami tubuh mengira kulit kepala mengalami kekeringan dan pada akhirnya menghasilkan banyak minyak pada rambut.

Nah, untuk mengurangi produksi minyak rambut yang berlebih, Anda cukup lakukan keramas dengan sampo sebanyak sekali dalam dua sampai tiga hari. Sebab, terlalu sering keramas akan menimbulkan masalah baru, yaitu kulit kepala akan cenderung lebih kering, menimbulkan ketombe sampai rambut lepek. Sebagai pengganti keramas, Anda dapat menggunakan dry shampo berbentuk powder atau spray.

4. Sebelum Styling Rambut, Gunakan Serum

Jika Anda hendak mempunyai rambut yang lembab dan hitam, sebaiknya batasi penggunaan alat penata rambut. Namun, Anda harus berhati-hati, penggunaan hair dryer, blow dryer, catokan, atau alat lainnya secara berlebihan berpotensi merusak kesehatan rambut. Hal ini terjadi karena suhu panas yang dihasilkan dari alat tersebut dapat membuat rambut menjadi kasar dan rapuh. Jika merasa harus memanfaatkan alat tersebut, Anda dapat mengoleskan produk serum pelindung rambut sehingga rambut dapat terlindungi dari kerusakan. Anda dapat menggunakan serum setelah melakukan keramas dan sebelum menerapkan styling rambut.

5. Memanfaatkan Masker Rambut Secara Rutin

Pemakaian masker rambut bisa Anda lakukan untuk mendapatkan hasil rambut yang lembab, lembut, dan jatuh. Anda dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah diakses, contohnya lidah buaya, madu, minyak zaitun, argan oil, tea tree oil, jojoba oil, dan lainnya.

Demikianlah penjelasan tentang cara agar rambut terlihat basah dan hitam. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi