Cara Efektif agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang

| 29 May 2024 07:30
Cara Efektif agar Tidak Mengantuk Setelah Makan Siang
Cara efektif agar tidak mengantuk setelah makan siang (freepik)

ERA.id - Pernahkah Anda merasa lemas dan mengantuk di siang hari, terutama setelah makan siang? Untuk itu, agar tidak mengganggu aktivitas dan terhindar dari masalah kesehatan, Anda harus tahu cara efektif agar tidak mengantuk setelah makan siang.

Rasa kantuk ini bisa sangat mengganggu aktivitas, baik dalam pekerjaan maupun belajar. Untungnya, ada beberapa cara efektif yang bisa dilakukan untuk mengatasi kantuk setelah makan siang. Apa Saja?

Apa Penyebab Sering mengantuk di Siang Hari (freepik)

Penyebab sering mengantuk di siang hari?

1. Kurang Tidur

Kurang tidur masih menjadi penyebab utama mengantuk di siang hari (Hypersomnia). Hal tersebut mungkin bisa disebabkan oleh kerja shift, tuntutan keluarga (seperti bayi baru lahir), belajar atau kehidupan sosial. Penyebab lain termasuk gangguan tidur, obat-obatan, dan penyakit medis dan kejiwaan.

2. Faktor lingkungan

Tidur yang tidak nyenyak dapat disebabkan oleh berbagai hal seperti pasangan yang mendengkur, bayi yang terbangun, tetangga yang berisik, panas dan dingin, atau tidur di kasur yang tidak nyaman.

3. Kerja shift

Mekang akan sangat sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak saat bekerja shift, terutama shift malam. Selain masalah mencoba tidur, ada juga efek tidak sinkronnya dengan jam internal tubuh (ritme sirkadian).

4. Kondisi mental 

Kecemasan bisa membuat seseorang terjaga di malam hari, sehingga mereka rentan mengantuk di siang hari. Hal tersebut lantaran depresi menguras energi.

5. Obat-Obatan dan Alkohol

Obat-obatan, alkohol, minuman berkafein, obat penenang, obat tidur, dan jenis obat antihistamin juga dapat mengganggu pola tidur.

6. Kondisi medis

Kondisi seperti hipotiroidisme (kelenjar tiroid kurang aktif), refluks esofagus, asma nokturnal, dan kondisi nyeri kronis dapat mengganggu tidur.

7. Gangguan tidur

Gangguan seperti sleep apnea, sindrom kaki gelisah, sleepwalking, narkolepsi, hipersomnia idiopatik, dan insomnia semuanya dapat menyebabkan gangguan tidur atau tidur yang terfragmentasi.

Meskipun demikian, hypersomnia dapat dibantu atau disembuhkan dengan beberapa penyesuaian kebiasaan gaya hidup. Mintalah saran dari dokter atau klinik gangguan tidur jika Anda masih merasa terlalu mengantuk.

Cara efektif agar tidak mengantuk setelah makan siang

Dilansir dari Medical News Today, berikut ini beberapa strategi yang dapat membantu mencegah rasa lelah dan kantuk setelah makan siang:

1. Makan sedikit tapi sering

Daripada makan dalam porsi besar, makanlah dalam porsi kecil dan camilan setiap beberapa jam untuk menjaga tingkat energi. Sebagai contoh sebuah apel atau segenggam kacang sudah cukup untuk mengatasi penurunan energi.

2. Dapatkan tidur berkualitas

Seseorang yang mendapatkan tidur yang cukup di malam hari, maka akan cenderung tidak mengalami penurunan energi yang signifikan setelah makan siang.

3. Jalan-jalan

Melakukan olahraga ringan pada siang hari, terutama setelah makan, dapat membantu orang merasa kurang lelah.

4. Tidur Siang dan Cahaya Terang

Jika memang sangat mengantuk, tidak ada salahnya untuk tidur sebentar dengan durasi kurang lebih 15 menit.

Selain itu, cobalah terapi cahaya terang. Berdasarkan studi tahun 2015 menemukan bahwa mengekspos orang pada cahaya terang setelah makan siang mengurangi rasa lelah. Kemudian hindari minum alkohol saat makan, karena dapat membuat orang merasa lebih lelah.

Selain cara efektif agar tidak mengantuk setelah makan siang, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi