Cara Mencuci Karpet yang Benar di Rumah dengan Alat Seadanya

| 18 Jun 2024 10:02
Cara Mencuci Karpet yang Benar di Rumah dengan Alat Seadanya
Cara mencuci karpet yang benar (freepik)

ERA.id - Karpet menjadi salah satu elemen penting dekorasi rumah, karena selain mempercantik ruangan juga memberikan rasa hangat saat dipijak. Masalahnya adalah karpet dapat  kotor dan penuh debu, lantas bagaimana cara mencuci karpet yang benar?

Artikel ini akan mengupas tuntas beberapa panduan lengkap cara mencuci karpet, mulai dari persiapan, metode pembersihan, hingga tips-tips khusus untuk noda yang membandel.

Cara Mencuci Karpet yang Benar

Dilansir dari HGTV, berikut ini terdapat beberapa langkah mudah membersihkan karpet di rumah tanpa alat-alat khusus:

  1. Membersihkan Karpet Tanpa Vacuum

Tanpa vacuum, Anda tetap bisa membersihkan karpet dengan sapu berbulu kaku. Cukup dengan sapu lantai yang dibuat kaku bulunya dengan mengikatnya dengan beberapa karet atau tali, akan menjadi metode yang sangat mudah. Namun jika tidak memiliki peralatan yang memadai, Anda bisa menggunakan sapu lidi.

Masalahnya adalah ketika Anda membersihkan karpet yang lebih tebal, maka akan lebih sulit karena kotoran lebih mudah terjebak di serat sapu. Untuk membuat sapu yang lemah lebih efektif, bungkus bulunya dengan karet gelang agar lebih kaku.

  1. Cara Menyegarkan dan Mensterilkan Karpet

Segarkan dan sterilkan serat karpet Anda tanpa menyewa pembersih uap dengan bantuan larutan sederhana buatan sendiri dan sikat gosok.

Siapkan mangkuk atau ember kecil, lalu campurkan satu bagian cuka putih (bukan cuka apel) dengan tiga bagian air. Celupkan bulu sikat gosok ke dalam larutan dan gosokkan ke karpet. Pijat ke dalam serat tanpa merendam karpet sepenuhnya.

  1. Cara Membersihkan Noda

Membersihkan noda karpet adalah hal terkadang sulit dilakukan ketika tanpa mesin. Anda dapat menghilangkan noda yang lama menempel seperti noda hewan peliharaan. Bahkan Anda dengan mudah dapat membersihkan tumpahan anggur atau makanan yang jatuh.

Bersihkan karpet di mana hewan peliharaan Anda sering rebahan (freepik)

Jika noda masih segar (basah atau lengket), selalu mulai dengan mengeringkan area tersebut dengan kain yang sangat menyerap. Jika tidak ada kain, Anda dapat menggunakan tisu, meskipun cara ini mungkin terasa sangat boros namun sangat efektif.

Selanjutnya, bilas. Anda bisa menggunakan soda kue jika noda masih baru untuk melonggarkannya sebelum menetap diserat karpet. Akan tetapi, pertimbangkan untuk menggunakan pembersih karpet sesuai petunjuk produk. Ingat untuk selalu mengeringkan noda dan membersihkannya, daripada menggosok.

Kemudian jika ada noda yang mengganggu pada karpet, taburi dengan soda kue untuk menyerap kelembaban berlebih. Biarkan selama beberapa menit, lalu vacuum.

Selanjutnya, keringkan noda dengan 1 cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan cuka (yang akan bekerja dari tepi luar ke dalam). Lalu keringkan sampai noda berpindah dari karpet ke kain pembersih dan biarkan kering alami dengan udara.

  1. Cara Menghilangkan Bulu Hewan Peliharaan

Biasakan menggunakan sikat serat untuk menghilangkan bulu hewan peliharaan dari karpet Anda untuk membantu menjaga kebersihannya. Cara ini penting untuk mengimbangi dengan pembersihan mendalam yang dibahas sebelumnya.

Gunakan sikat di area dengan penumpukan bulu yang terlihat. Pastikan untuk fokus pada area tempat hewan peliharaan Anda sering berbaring, karena bulu mungkin lebih tertanam di sana.

Terakhir jangan lupa untuk selalu membersihkan hewan peliharaan Anda lebih sering untuk membantu menjaga kebersihan karpet Anda.

Selain cara mencuci karpet yang benar, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Tags : karpet tips
Rekomendasi