Capai Puluhan Juta, Begini Cara Merawat Si 'Janda Bolong' Monstera

| 03 Sep 2020 07:05
Capai Puluhan Juta, Begini Cara Merawat Si 'Janda Bolong' Monstera
Tanaman Hias Janda Bolong atau Monstera (Foto: Instagram/@monsterafanclub)

ERA.id - Akibat pandemi COVID-19, hobi baru pun bermunculan. Salah satunya merawat tanaman hias. Namun di antara sekian banyak jenis tanaman hias, ada satu taman hias yang paling digemari dan menjadi tren.

Ya, namanya monstera. Monstera sendiri murupakan jenis tanaman hias hasil budi daya kembang janda bolong. Berdasarkan hasil penelusuran Era.id di toko-toko online kembang janda bolong dihargai hingga puluhan juta. Bahkan ada yang mencapai Rp95 juta, setara dengan harga sepeda Brompton.

Tanaman tropis yang sedang naik daun ini berasal dari Amerika Tengah. Maka cara merawatnya pun istimewa. Dikutip dari The Sill pada Kamis (3/9/2020), ada dua spesial dari tanaman ini, yakni monstera deliciosa dan monstera adansonii. 

Monstera adansonii memiliki daun yang lebih panjang, lentik, serta lubang daun yang tertutup seluruhnya. Sementara, monstera deliciosa memiliki lubang daun yang tumbuh ke arah tepi dan terbuka saat matang. 

Monstera kini menjadi tanaman hias yang langka dan diburu oleh pecinta tanaman. Lantas apakah kamu tertarik untuk menanam tanaman hias monstera? Tapi kamu harus sabar, karena perkembangbiakkan monstera atau janda bolong terbilang lambat. 

Berikut cara merawat tanaman hias monstera atau janda bolong:

1. Hindari paparan sinar matahari

the Monstera deliciosa (via The Sill) -- Bright to medium, indirect sunlight. Avoid bright, direct sunlight (which can burn your plant’s leaves) – filtered, ‘shady’ sunlight is preferable! Outdoor Plants, Potted Plants, Garden Plants, Indoor House Plants, Water Plants Indoor, Indoor Plants Low Light, Indoor Trees, Monstera Deliciosa, Philodendron Monstera

Tanaman Hias Janda Bolong atau Monstera (Foto: The Sill)

Tanaman hias monstera atau janda bolong harus ditaruh yang tidak terpapar sinar matahari langsung dan intensitas sedang. Tidak cocok untuk sinar matahari langsung dan intens.

2. Siram secara teratur setiap minggu

Biarkan campuran pot mengering sebelum disiram. Hal ini karena tanah harus dalam kondisi kering saat disentuh. Sirami tanaman lebih sering saat musim panas dan berikan pemumpuk selama pertumbuhan. 

3. Perhatikan kelembaban ruangan 

Faux Monstera – The Sill

Tanaman Hias Janda Bolong atau Monstera (Foto: The Sill)

Taruh tanaman dalam ruangan yang lembap, supaya bisa berkembang dengan baik.

4. Perhatikan suhu ruangan

Suhu terbaik untuk menyimpan monstera adalah tidak dibawah 15°C. Sebaiknya, simpan pada suhu 18° C-30° C.

Penyebab Tanaman Monstera Mati

Masalah yang terjadi pada setiap tanaman adalah munculnya hama. Meski monstera bebas dari hama, namun tetap saja kita harus memerhatikan dan segera semprot obat hama dengan minyak hortikultura (neem) dan pembersihan tanaman secara teratur.

Tags : viral
Rekomendasi