Jelang Akhir Pekan, Dolar AS Menguat Tipis

Tim Editor

Ilustrasi rupiah (Pixabay)

Jakarta, era.id - Jelang akhir pekan, pergerakan nilai tukar (kurs) rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) mengalami pelemahan. Dolar kembali menguat tipis pada kisaran Rp14.600.

Mengutip data perdagangan Reuters, Jumat (9/11/2018) pukul 09.20 WIB, dolar AS berada di level tertingginya di Rp 14.638 dan level terendahnya di Rp 14.545. Rupiah melemah cukup tajam atau turun 0,69 persen dibandingkan posisi perdagangan kemarin.



Secara year to date (ytd), nilai dolar AS masih menguat terhadap rupiah sebesar 7 persen. Kemarin, dolar AS bahkan sempat menyentuh level terendahnya di Rp14.439, namun hal itu tak berlangsung lama.

Di sisi lain, harga jual dolar AS sudah di bawah level Rp14.700 per dolar AS. Seperti dilihat era.id di Bank Mandiri pada pukul 09.36 WIB, dolar As dijual Rp14.520. Sedangkan Bank BCA mencatat transaksi jual beli dolar AS di kisaran Rp14.636 sampai Rp14.600.    



Mengutip dari Antara, penguatan rupiah terjadi dalam beberapa hari terakhir. Penguatan rupiah yang cukup tajam, merupakan kombinasi antara faktor global dan domestik.

Salah satu faktor yang mempengaruhi laju dolar AS terjadi saat pemilu paruh waktu di AS. Tidak hanya itu, adanya imbas dari pembatasan impor dan mulai diberlakukannya transaksi Non-Deliverable Forward dimana pelaku usaha dapat melakukan transaksi forward dengan mekanisme fixing (tanpa pemindahan dana pokok) yang dilakukan di pasar domestik turut membantu terapresiasinya rupiah. 

 

Tag: nilai tukar rupiah dolar as

Bagikan: