Hottest Issue Kamis Malam, 21 Februari 2019

Tim Editor

Ilustrasi Hottest Issue Malam (Ilham/era.id)

Jakarta, era.id - Selamat malam pembaca era.id, kami punya beberapa berita menarik yang bisa kalian jadikan teman baca di saat perjalanan pulang kamu. Ada soal 'nyanyian' mantan Menteri ESDM Sudirman Said soal pertemuan rahasia Freeport. Kemudian ada tiga smartphone flagship dari Samsung Galaxy S10 series.

Sampai buat kalian yang seneng sama film terbaru dari Son Goku dan Bezita di DragonBall Super. Terakhir ada polemik dari dua obat kanker yang tak lagi ditanggung sama BPJS. Semuanya tersaji dalam Hottest Issue Kamis (21/2/2019) malam ini.


1. Nyanyian Freeport Sudirman Said



Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) era Joko Widodo, Sudirman Said mengklaim ada kesepakatan antara pemerintah dan PT Freeport Indonesia di Istana yang bersifat 'rahasia'. Sudirman menceritakan pertemuan itu dilakukan pada 6 Oktober 2015 lalu.

Pertemuan itu, kata Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga memuat izin operasi Freeport yang akan diperpanjang. Lalu kenapa Sudirman baru mengatakannya sekarang, ketika pemilihan presiden tinggal menghitung bulan?

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) Maksimus Ramses Lalongkoe melihat manuver buka-bukaan rahasia Sudirman Said sangat tidak etis. Sebab menurutnya jika Sudirman merasa ada yang tidak benar dalam pertemuan itu harusnya dia sampaikan pada saat itu juga.

"Kalau dia menemukan ada fakta kontradiksi saat itu, ya, dia bicara saat itu. Tapi kan dia bicara setelah didepak jadi menteri dan sekarang dia baru bilang, nah, ini enggak etis," kata Maksimus saat dihubungi era.id, Kamis (21/2/2019).    

2. Pertarungan Sengit Goku-Bezita vs Broly

Bagi para penggemar Dragon Ball, mulai hari ini film Dragon Ball Super: Broly tayang di seluruh bioskop. Film ini akan membawa kamu ke dalam aksi pertempuran sengit antara Goku, Vegeta dan seorang Saiyan yang selama ini dianggap telah lama hilang. 
 


Dragon Ball Super: Broly adalah sebuah kisah Saiyan baru. Saat itu, Bumi sudah damai setelah Turnamen Kekuasaan. Musuh bebuyutan Goku, Frieza kembali datang ke Bumi dengan membawa seorang manusia Saiyan bernama Broly.

Pertempuran sengit terjadi antara Broly, Vegeta dan Goku tak dapat terelakkan. Film ini masih ditangani langsung oleh sang penciptanya Akira Toriyama bersama sutradara, Tatsuya Nagamine yang pernah menggarap film Dragon Ball Z: Restruction F.


3. Flagship Anyar Samsung Galaxy S10



Samsung resmi memperkenalkan tiga lini smartphone flagship mereka yakni Galaxy S10 series. Kemunculan ketiga ponsel itu menjadi momen bersejarah bagi Samsung karena telah genap 10 tahun dalam memasarkan seri Galaxy S.

Ketiga smartphone flagship baru Samsung itu juga akan segera dijual ke Indonesia melalui sistem pre-order mulai 22 hingga 28 Februari mendatang. Pemesanan bisa dilakukan di toko resmi Samsung dan 12 situs e-commerce terkemuka di Indonesia. Berikut ini detail harga dan varian dari trio Galaxy S10 di Indonesia.
 



4. BPJS Tak Lagi Tanggung dua obat kanker

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Watch mengecam dicabutnya dua obat kanker kolorektal (usus besar dan anus) jenis Bevacizumab dan Cetuximab dari Formularium Nasional (Fornas) dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Itu artinya kedua obat tersebut tidak lagi ditanggung BPJS Kesehatan per 1 Maret 2019.

Hal ini tertuang pada Keputusan Menteri Kesehatan nomor HK.01.07/MENKES/707/2018. Akibatnya pasien JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) yang membutuhkan kedua obat ini harus merogoh koceknya sendiri.

"Keputusan Menkes ini akan menurunkan manfaat bagi peserta JKN penyintas kanker sehingga peserta JKN dirugikan," kata koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar saat ditemui di Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (20/2).

Menurut Timboel keputusan tersebut akan mempersulit para penyintas dalam memperpanjang harapan hidup serta meningkatkan kualitas hidupnya. Sebab  Ikatan Dokter Bedah Digestif Indonesia (IKABI) merekomendasikan kedua obat tersebut masih dibutuhkan oleh pengidap kanker kolorektal.    


5. Kim Jong Un ke Vietnam by Train



Pertemuan puncak kedua antara pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan digelar di Vietnam, pekan depan. Kim Jong-Un dilaporkan akan berangkat ke Vietnam dengan menggunakan kereta api. 

Seperti dilansir Reuters, Rabu (20/2/2019), dibutuhkan waktu setidaknya dua setengah hari bagi Kim Jong-Un untuk menempuh perjalanan sejauh ribuan kilometer dengan kereta api melalui China, dari Pyongyang, ibu kota Korut, menuju Vietnam. 

Itu berarti dia seharusnya mulai berangkat dari Pyongyang pada akhir pekan ini, terlebih dia dijadwalkan tiba di Vietnam pada Senin (25/2) mendatang. 

Tag: hottest issue

Bagikan: