Hari Ke-800 Penantian Novel Diisi dengan Pemeriksaan Polisi

Tim Editor

Ilustrasi (era.id)

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini memfasilitasi penyidik Polda Metro Jaya untuk memeriksa Novel Baswedan sebagai saksi. Tujuan pemeriksaan Novel, dikatakan sebagai langkah pendalaman kasus pelanggaran HAM berat yang dialami Novel beratus-ratus hari lalu.

Dalam pemeriksaan ini, penyidik Polda Metro Jaya turut didampingi oleh tim asistensi yang merupakan tim gabungan bentukan Polri. Anggota tim gabungan, Hendardi mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman terkait penyerangan Novel.

"Pemeriksaan biasa, setelah dia diperiksa di Singapura, kami kan juga periksa yang lain-lain. Kami lakukan pendalaman lagi," kata Hendardi kepada wartawan di Gedung KPK, Kamis (20/6/2019).

Ketika ditanya mengenai perkembangan kasus ini, Hendardi menolak menjawab. Alih-alih, ia malah menjelaskan bahwa tim masih memiliki waktu hingga bulan Juli mendatang. Yang jelas, apapun nanti, tim akan terlebih dahulu menyerahkan hasil temuan kepada Kapolri, Tito Karnavian.

"(Tim) Diberi waktu enam bulan, dari Januari sampai Juli. Nanti kalau selesai, nanti kami akan launching. Nanti akan kami sampaikan dulu ke Kapolri. Kapolri yang menentukan," kata Hendardi.

Sebelumnya, dalam surat tugas Kapolri bernomor Sgas/3/I/HUK.6.6./2019 yang dikeluarkan pada 8 Januari 2019, kepolisian dalam tim gabungan bertugas melakukan penyelidikan dan penyidikan atas kekerasan yang terjadi kepada Novel Baswedan. Surat tugas tersebut berlaku selama enam bulan mulai 8 Januari 2019 sampai 7 Juli 2019.

Bagi Novel, pengungkapan kasus yang ia alami adalah penantian panjang. Sejak diserang dua orang pengendara motor tak dikenal 11 April 2017 usai salat Subuh di Masjid Al-Ihsan dekat kediamannya, pemerintah belum juga berhasil mengungkap --apalagi menangkap-- pelaku maupun dalang di balik penyerangan Novel.

Sejak hari mengerikan itu, siraman air keras ke wajahnya menyebabkan mata kiri Novel buta dan mata kanannya rusak. Hari ini, penantian Novel genap 800 hari, sejak hari hari mengerikan itu.


Baca Juga : Novel Baswedan Siap Kembali dan jadi Superhero



Infografik (era.id)

Tag: siapa penyerang novel novel baswedan

Bagikan: