Adu Rayu Dua Cawagub DKI Jelang Fit and Proper Test

Tim Editor

Ahmad Riza Patria (era.id)

Jakarta, era.id - Jelang uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test), dua calon Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria dan Nurmansjah Lubis saling adu rayu untuk bisa mendampingi Gubernur Anies Baswedan.

Cawagub dari Partai Gerindra Ahmad Riza Partria mengaku memiliki kedekatan dengan Anies lantaran keduanya adalah teman di satu organisasi yang sama.

"Saya memang punya kedekatan khusus dengan Pak Anies. sebagai kawan sama sebagai sama-sama di organisasi yang sama juga dan lain sebagainya," kata Riza saat ditemui di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (11/2/2020).

Selain itu, kata Riza, kedekatan khsusus itu terjalin karena partainya merupakan salah satu pengusung pasangan Anies-Sandiaga Uno dalam Pilgub DKI Jakarta 2017 lalu.

Ketua DPP Partai Gerindra ini meyakini bahwa Anies merupakan sosok bijaksana yang memahami mekanisme yang ada di DPRD DKI Jakarta dan bukan ranah kepala daerah untuk ikut campur.

"Sekarang mekanisme dan tahapan ada di DPRD. tentu Anies memahami dia tidak akan mencampuri apalagi intervensi," kata Riza.

Rencananya, DPRD DKI Jakarta akan mengeluarkan jadwal fit and proper test untuk memilih cawagub pada minggu depan. Riza tak memiliki persiapan apa pun untuk mengikuti fit and proper test. Sebab, terkait visi misi, para cawagub hanya tinggal menjalankan yang sudah ada.

"Saya tidak ada persiapan khusus (untuk mengikuti fit and proper test), wakil gubernur ke depan hanya melaksanakan visi misi program yang sudah disusun (Anies-Sandi)," pungkas Riza.

Sementara itu, calon dari PKS Nurmansjah Lubis merasa lebih cocok mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai wagub, dibandingkan dengan Riza. Menurut Nurmansjah, Riza memiliki sifat yang kalem. Karena itu, Anies yang sifatnya agak kalem lebih cocok didampingi dirinya yang banyak bicara. 


TWITTER @NURMANSJAHLUBIS

"Bang Ariza (sapaan Riza Patria) kalem, ane (saya) agak rewel. Bang Anies kan tidak terlalu rewel, tidak terlalu kalem, cocoknya sama Nurmansjah," ujar Nurmansjah di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Minggu (26/1).

Nurmansjah menyatakan siap mendampingi Anies. Jika terpilih menjadi wagub, dia akan lebih banyak bekerja di belakang layar. "Insya Allah, kami sesuaikan lah ritme kami. Gubernur sudah berkali-kali bilang kalau tugas wagub itu kan secara internal, dapur, enggak sibuk urusan luar," kata dia.
 

Tag: cawagub dki jakarta

Bagikan: