Cak Imin 'Pede' PKB Aman dari Reshuffle: Mana Ada yang Berani Senggol PKB?

ERA.id - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin percaya diri, kadernya yang duduk di kursi menteri aman dari reshuffle kabinet. Dia mengaku bahwa tak ada yang berani menyenggol posisi PKB di Kabinet Indonesia Maju.

Hal ini merespons teguran dari Presiden Joko Widodo terhadap jajaran menterinya lantaran menggunakan anggaran negara untuk membeli barang-barang impor ketimbang buatan dalam negeri.

"Ya pastilah (menteri-menteri asal PKB aman dari reshuffle). Mana ada yang berani senggol PKB," kata Cak Imin sambil tertawa saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/3/2022).

Meski begitu, Cak Imin mengaku tak mengetahui kapan Jokowi bakal merombak ulang kabinetnya. Sebelumnya, dia meyakini reshuffle tidak akan terjadi dalam waktu dekat ini.

"Belum tahu (kapan reshuffle)," kata Cak Imin.

Terkait dengan kemarahan Jokowi terhadap jajaran menterinya, Cak Imin menilai hal itu sesuatu yang wajar. Dia hanya mendorong supaya segera ada langkah-langkah penyelesaian ke depannya.

"Wajar saja Presiden marah, wajar," kata Cak Imin.

Sebelumnya, Presiden Jokowi terlihat geram melihat tingkah para menterinya yang terus-terusan membeli barang-barang impor ketimbang buatan dalam negeri. Padahal, anggaran dari negara untuk membeli barang-barang tersebut diharapkan bisa membantu pertumbuhan ekonomi nasional.

Sejumlah menteri yang kena tegur Jokowi antara lain yaitu Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin lantaran beberapa alat kesehatan di rumah sakit daerah masih impor.

Kemudian Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim yang menghabiskan anggaran Rp2 triliun untuk impor bangku hingga laptop.

Lalu, Jokowi juga menegur Menteri Pertantian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang membeli traktor non hi-tech dari luar negeri.

"Sedih saya. Belinya barang-barang impor semuanya... Bodoh banget kita ini," kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu (KIM), kepala daerah, dan direktur utama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia di Nusa Dua, Bali, Jumat (25/3).

Kami juga pernah menulis soal Di Depan Luhut dan Erick Thohir, Jokowi Singgung Reshuffle Kabinet Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!