Kapan Waktu Terbaik untuk Mengaplikasikan Sunscreen? Simak Penjelasannya

| 23 May 2024 13:45
Kapan Waktu Terbaik untuk Mengaplikasikan Sunscreen? Simak Penjelasannya
Kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen? (iStockphoto/lovelyday12)

ERA.id - Sunscreen atau tabir surya merupakan rangkaian produk perawatan yang berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet (UV) yang berasal dari matahari. Sunscreen mengandung sun protection factor (SPF) dan protection grade of UVA (PA). Dengan dua kandungan tersebut, risiko terjadinya kerusakan kulit yang disebabkan paparan sinar UV dapat dikurangi. Lantas kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen?

Selain menjaga kulit dari kerusakan, sunscreen juga berguna untuk menjaga elastisitas kulit, meratakan warna kulit, sekaligus menekan risiko terpapar kanker kulit yang diakibatkan oleh sinar UV.

American Academy of Dermatology juga menganjurkan, sunscreen sebaiknya diaplikasikan setiap hari ketika hendak menjalani aktivitas di luar ruangan, baik saat terik matahari ataupun cuaca berawan.   

Hal ini dikarenakan matahari memancarkan sinar UV yang berpotensi membahayakan kesehatan kulit. Walaupun cuaca sedang berawan, paparan sinar UV mampu menembus kulit sampai 80 persen.

Bahkan, saat Anda tinggal di daerah yang bersalju, berpasir, atau pun dekat dengan air, sunscreen tetap harus digunakan, sebab elemen-elemen tersebut mampu memantulkan sinar matahari. Sayangnya, walaupun pemakaian sunscreen terlihat sebagai rutinitas sederhana, tak sedikit orang yang mengaplikasikan produk perawatan kulit satu ini dengan cara yang tidak tepat.

Padahal, cara penggunaan yang tidak tepat dapat mengurangi keefektifan dari sunscreen. Nah, di bawah ini adalah beberapa cara yang tepat untuk mengaplikasikan sunscreen.

Ilustrasi sunscreen. (skincancer.org)

Kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen?

Sunscreen memerlukan waktu agar bisa terserap dengan efektif ke dalam kulit. Mengutip situs web kesehatan WebMD.com, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan. Hal ini dilakukan agar sunscreen dapat menyerap dengan baik ke dalam kulit sehingga tidak mudah pudar dan bekerja optimal.

Jika Anda akan menjalani aktivitas yang menjadikan tubuh Anda berkeringat, seperti berenang atau olahraga lainnya, Anda dapat aplikasikan juga sunscreen sebelum dan sesudah melakukan aktivitas tersebut. Pasalnya, air dan keringat di tubuh akan menjadikan sunscreen luntur sehingga kulit akan terpapar langsung sinar UV. Oleh sebab itu, Anda wajib mengaplikasikan ulang sunscreen.

Aplikasikan secara tebal dan merata

Saat menggunakan sunscreen, sebaiknya Anda tidak tanggung-tanggung atau tidak boleh pelit.

Sebab, sunscreen akan menjadi lapisan primer dan berfungsi untuk memberi perlindungan dari sinar UV pada kulit. Oleh karena itu, Anda harus mengaplikasikan sunscreen secara merata dan tebal agar dapat meraih perlindungan maksimal.

Oleskan kembali setelah 2 jam pemakaian

Ketika menjalani aktivitas di luar ruangan dalam jangka waktu yang panjang, sebaiknya Anda ulangi penggunaan sunscreen agar terlindungi secara optimal.

Sebab, kinerja SPF pada sunscreen mempunyai batasan waktu sehingga ketahanannya dapat berkurang. Oleh karena itu, setiap 2-3 jam sekali oleskan kembali sunscreen ke kulit Anda.

Gunakan SPF 30+

Meski menawarkan manfaat yang sama dalam melindungi kulit wajah, formula dalam setiap produk sunscreen dan kadar SPF-nya kemungkinan berbeda-beda. Pastikan Anda memakai sunscreen dengan SPF minimal 30. SPF 30 mampu memberi perlindungan sebesar 97 persen akibat UVB.

Semakin tinggi kadar SPF yang terkandung dalam produk sunscreen, semakin tinggi juga perlindungan yang diberikannya. Sunscreen dengan SPF 50, sebagai contoh, dapat memberi proteksi pada kulit dari sinar UV sampai 98 persen.

Demikianlah ulasan tentang kapan waktu terbaik untuk mengaplikasikan sunscreen, semoga bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi