Bakal Dihadiri Presiden Jokowi, 2.137 Personil Gabungan Diterjunkan untuk Amankan Penutupan ASEAN Para Games 2022

| 05 Aug 2022 18:13
Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin bersama Wakil Wali Kota Teguh Prakosa dan Wakapolresta Solo AKBP Gatot Yulianto (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022 yang dilaksanakan pada Sabtu (6/8/2022) akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam kegiatan ini akan diterjunkan tim pengamanan sebanyak 2.137 personil gabungan TNI dan Polri.

Hal ini disampaikan oleh Kapolresta Solo Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, Jumat (5/8/2022). Terkait pengamanannya, akan seperti pengamanan Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat Opening Ceremony pekan lalu.

”Stadion Manahan akan dibagi menjadi tiga ring, ring pertama di dalam Stadion Manahan, ring kedua di area parkir Stadion Manahan dan ring ketiga di pagar luar sepanjang stadion,” katanya.

Selain pengamanan tiga ring tersebut, akan ada lima tim gabungan yang diterjunkan untuk memonitor keamanan lalu lintas saat dan pasca Closing Ceremony ASEAN Para Games 2022. Sedangkan untuk pengamanan atlet akan dilaksanakan hingga 7 Agustus 2022.

”Hari terakhirnya 7 Agustus 2022, setelah itu mereka kembali ke negaranya,” katanya.

Pengamanan atlet sudah dilakukan dari 22 Juli 2022 hingga 7 Agustus 2022. Dalam kegiatan ini tidak ada rekayasa lalu lintas saat kedatangan tamu VVIP.

”Semuanya tetap berlaku normal namun kita perkuat pada rute - rute yang dilalui oleh tamu VVIP tersebut," ungkap Kapolresta.

Untuk tamu undangan yang hendak masuk ke Stadion Manahan akan dilakukan pengecekan undangan. Selain itu akan dilakukan penggeledahan pada seluruh barang bawaan tamu yang masuk ke stadion.

”Mereka juga dilarang membawa korek api, flash, laser point serta barang berbahaya lainnya ,” katanya.

Sementara itu Danrem 074/Warastratama Kolonel Inf Achirudin menambahkan pihaknya telah melakukan Apel Gelar Pasukan Pengamanan (PAM) VVIP RI-1 di Lapangan Upacara Makorem 074/Warastratama, Jumat (5/8/2022) pagi. Untuk pengamanan dalam berbagai situassi sudah disiapkan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi sesuatu di lapangan.

”Kami juga berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar tidak terjadi penumpukan kendaraan dan penumpukan massa yang mengakibatkan kemacetan rute,” katanya.

Kami juga pernah menulis soal Selama Pelaksanaan ASEAN Para Games 2022, Okupansi Hotel Naik Tajam Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi