Jadwal Pelantikan Gibran-Teguh, Digelar Terbatas di gedung DPRD

Tim Editor

Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo terpilih, Gibran Rakabuming Raka dan Teguh Prakosa dijadwalkan pada Jumat (26/2) mendatang.

Semula pelantikan rencananya digelar di Balai Tawangarum Balai Kota Solo. Namun, rencana ini kemudian diubah dan pelantikan dipusatkan di Gedung Paripurna DPRD Kota Solo.

Hal ini disampaikan oleh Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Wahyu Kristina, Senin (23/2). Perubahan ini dilakukan karena arahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah pasca koordinasi terkait pelantikan bupati dan wali kota serentak.

”Jadinya di Gedung DPRD, nggak jadi di Balai Kota,” kata perempuan yang akrab disapa Ina tersebut.

Pada hari itu, akan dilaksanakan empat agenda yang terkait dengan Pelantikan Wali Kota Solo. Diantaranya pelantikan ini sendiri, serah terima jabatan (Sertijab), kemudian rapat paripurna perdana DPRD dan pidato perdana Wali Kota Solo.

Selain itu pertimbangan lainnya yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga ingin menyaksikan agenda serah terima jabatan. ”Makanya diputuskan untuk dilaksanakan di satu tempat saja,” katanya.

Untuk kegiatan pelantikan, akan dihadiri oleh 25 tamu undangan. Jumlah ini sudah termasuk Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo beserta istri. Dalam agenda ini akan dihadiri oleh Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Solo Ahyani beserta istri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda), Ketua KPU Kota Solo hingga Ketua Bawaslu Kota Solo.

Dalam acara ini mantan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan Achmad Purnomo beserta istri juga turut hadir. ”Acara pelantikan mulai pukul 08.00 WIB dan berlangsung sekitar 1,5 jam. Selanjutnya baru anggota DPRD hadir dalam acara Sertijab,” katanya.

Awalnya kegiatan pelantikan dan sertijab akan dilaksanakan secara terpisah. Pelantikan rencananya digelar pada Jumat (26/2) di Balai Kota Solo. Sedangkan sertijab dilaksanakan tiga hari setelahnya, yakni pada Senin (1/3) bersama agenda rapat paripurna dan pembacaan pidato perdana di Gedung Paripurna DPRD Kota Solo.

Untuk pelantikan ini, rencananya akan dilakukan gladi bersih satu hari sebelum pelaksanaan. Gladi bersih dilakukan bersama Pemprov Jateng dan 17 kabupaten kota di Jawa Tengah yang melantik kepala daerahnya.

Tag: gibran rakabuming raka gibran wali kota solo pelantikan wali kota solo

Bagikan: