Merapi Luncurkan Awan Panas, Warga Mulai Bersihkan Abu Vulkanik

| 10 Mar 2022 17:51
Merapi Luncurkan Awan Panas, Warga Mulai Bersihkan Abu Vulkanik
Kapolda DIY dan Wabup Sleman usai koordinasi situasi Merapi. (Foto: Dok. Pemkab Sleman)

ERA.id - Pemerintah Kabupaten Sleman menyatakan situasi di kawasan Gunung Merapi sudah aman terkendali (mandali) usai rentetan erupsi pada Rabu tengah malam hingga Kamis dinihari, 9-10 Maret 2022. Para pengungsi disebut telah kembali ke rumah.

"Alhamdulillah masyarakat yang tadi malam sempat mengungsi di barak hari ini sudah kembali ke kediaman masing-masing," ucap Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa di Balai Kalurahan Kepuharjo, Kapanewon Cangkringan, Sleman , Kamis (10/3).

Sebelumnya dilaporkan sebanyak 193 warga Sleman, terutama kelompok rentan seperti lansia, balita dan anak-anak juga ibu hamil, diungsikan saat Merapi erupsi 17 kali dalam semalam.

Seusai erupsi itu, pemkab berkoordinasi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Cangkringan bersama Polda DIY.

Danang meminta masyarakat tetap waspada dan memantau perkembangan situasi Merapi. Masyarakat rentan seperti lansia dan balita, juga diminta segera ke tempat aman, yakni di pengungsian atau barak, saat situasi Merapi mengkhawatirkan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap siaga. Masyarakat yang tidak berkepentingan diharapkan jangan mendekat dan melakukan aktivitas di area KRB III," ucap Danang.

Ia juga menyatakan agar surat-surat penting dijadikan dalam satu wadah, sehingga apabila terjadi bencana, dokumen itu bisa langsung dibawa saat menyelamatkan diri.

Danang menjelaskan tim dari BPBD Sleman, SAR, serta para relawan sudah siap siaga dalam mengantisipasi bencana alam ini.

Dalam koordinasi ini juga dibahas penutupan aktivitas tambang galian C dan pariwisata di wilayah KRB sebagai antisipasi bahaya bencana.

Kapolda DIY Irjen Pol Asep Suhendar mengarahkan agar aktivitas pariwisata di wilayah KRB segera ditutup.

Selain itu, ia meminta antisipasi Covid-19 tetap dilakukan di barak pengungsian saat tempat itu terisi oleh warga yang mengungsi.

Kami juga pernah menulis soal Merapi Erupsi Belasan Kali, Ganjar: Belum Ada Evakusasi, Warga Sudah Paham Kamu bisa baca di sini.

Kalo kamu tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya!

Rekomendasi