Artisnya Bikin Kontroversi Pakai Baju Tulisan Bismillah, Agensi IM Monsta X Minta Maaf

| 15 Feb 2021 18:45
Artisnya Bikin Kontroversi Pakai Baju Tulisan Bismillah, Agensi IM Monsta X Minta Maaf
I.M Monsta X (Twitter)

ERA.id - Penggemar Monsta X dihebohkan dengan kontroversi yang menimpa salah satu membernya, yaitu I.M. I.M. Monsta X kedapatan memakai baju bertuliskan Bismillah hirrahman nirrahim dan langsung menuai kontroversi. 

Im Chang Kyun alias I.M dari Monsta X dibanjiri hujatan dari para netizen, terutama yang beragama muslim. Di mana salah satu teaser foto I.M kedapatan memakai baju dengan tulisan Bismillah hirrahman nirrahim dalam bahasa arab. 

Bagi umat muslim di seluruh dunia, tulisan itu memiliki arti ‘Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang’, yang biasanya dilafalkan sebelum membaca Al-Qur’an atau berdoa. 

Sejumlah netizen dan juga penggemar yang beragama muslim pun mulai membanjiri kritik terhadap I.M dan juga agensinya, Starship Entertainment. 

Mereka sangat menyayangkan kecerobohan agensi dan juga penata busana yang tidak memikirkan hal seperti itu. Ada pula yang marah dengan kejadian itu sebab I.M dan agensi dianggap melecehkan Islam. 

I.M Monsta X (Twitter)

“Saya merasa cukup dengan Kpop yang menggunakan Islam dengan aesthetic. Saya bisa mencatat semua idol yang menghancurkan agama saya dan tidak meminta maaf, atau bahkan menghapus isinya. Saya dapat mentolerir sedikit menggunakan masjid atau kata-kata dari Alquran tetapi setelah Anda menggunakan nama Tuhan.. itu terlalu berlebihan,” tulis @mygirlsgfriend. 

“Ini adalah ungkapan yang sangat suci bagi umat Islam jika Anda tidak tahu. Kami berdoa 5 kali sehari 17 rakaat dan tidak pernah melewatkan ini di setiap surat yang kami baca. Kami mengatakan ini sebelum kami melakukan segala sesuatu juga dengan harapan bisa mendapatkan berkah dari Tuhan kami,” cuit @realbar***

I.M Monsta X (Twitter)

“Bagaimana pun ini sangat tidak menghargai dan sangat mengecewakan untuk ukuran label besar. Mereka harus minta maaf,” komentar @his*****. 

Kontroversi itu pun menimbulkan suatu tindakan nyata dari para fan Kpop. Starship Entertainment yang menaungi I.M pun akhirnya angkat bicara dan meminta maaf dengan apa yang terjadi. 

“Ini Starship Entertainment. Terkait dengan foto konsep yang dirilis untuk mini album digital I.M, ‘DUALITY', kami telah menghapus semua foto yang menyertakan pakaian dengan makna religius (agama),” kata Starship Entertainment, dikutip dari Fan Cafe resmi Monsta X, Senin (15/2/2021). 

Lalu, kata agensi I.M, pihaknya menyesal tidak melakukan pengecekan ulang untuk memastikan hal-hal seperti itu tidak terjadi. Namun, sangat disayangkan foto teaser I.M lolos dari pengecekan dan lebih dulu menimbulkan kontroversi. 

Agensi pun berjanji ke depannya akan lebih berhati-hati dengan semua hal dan tindakan yang akan terjadi. 

“Ke depan, kami memastikan bahwa kami akan melakukan segala upaya untuk mencegah hal seperti ini terjadi lagi. Sekali lagi, kami mohon maaf atas hal ini,” ungkap agensi. 

I.M Monsta X dijadwlakan merilis mini album solo pada 19 Februari 2021. Mini album itu nantinya akan berisikan lima lagu andalan, seperti “God Damn”, “Howlin”, “Burn”, “Happy to Die”, dan juga “flower~ed”. 

Rekomendasi