Sinopsis Film Split: 23 Kepribadian Dalam 1 Tubuh yang Terinspirasi dari Kisah Nyata

Tim Editor

Film Split (Foto: Instagram/@splitmovie)

ERA.idFilm Split terbukti menjadi mesin uang yang efektif untuk Universal Pictures. Film Split sepanjang Januari 2017, berhasil merajai box office Amerika. Selain itu, film asal Amerika Serikat ini juga banyak ditonton oleh masyarakat Tanah Air.

Dalam sebuah wawancara dengan Strait Times, M. Night Shyamalan yang merupakan sutradara sekaligus penulis naskah film Split mengaku telah memikirkan karakter Kevin yang dimainkan oleh James McAvoy. 

Ia mengaku sejak tahun 90-an terinspirasi dari kisah nyata Billy Milligan pada tahun 90-an dari buku The Minds of Billy Milligan. Film Split bercerita tentang seorang pria yang hidup memiliki 23 kepribadian dalam tubuh seorang pria bernama Kevin Wendell Crumb (James McAvoy).

Kevin memiliki banyak kepribadian karena penyiksaan yang kerap dilakukan ibunya saat dirinya masih kecil. Lalu, ia melakukan terapi dari psikiater dan lama-kelamaan 23 kepribadian Kevin berjalan dengan seimbang.

Meski sudah terapi, tetap saja kepribadiannya tidak dapat dikendalikan. Kevin menculik tiga orang remaja bernama Casey Cooke (Anya Taylor-Joy), Claire Benoit (Jessica Sula), dan Marcia (Haley Lu Richardson) di parkiran mobil. Lalu, ketiga remaja itu disekap di ruangan bawah tanah yang tidak jelas lokasinya. 

Ketiga remaja itu kebingungan dengan pria yang menculiknya. Lantaran Kevin kerap berganti-ganti pakaian, dan perilakunya juga berubah-ubah. Perilakunya sangat berbeda dengan sebelumnya. Hal ini dikarenakan Kevin memiliki 23 macam kepribadian yang berbeda. 

Dari 23 kepribadian ganda, hanya ada beberapa kepribadian saja yang menonjolkan. Mulai dari Kevin (kepribadian asli), Dennis (perfeksionis), Particia (feminim seperti keibuan), Hedwig (bocah usia 9 tahun yang usil), Jade (wanita pengidap diabetes), Orwell (pria punya pengetahuan sejarah), Mr.Pritchard (profesor dibidang film), Barry (penggemar desain fesyen), dan lain sebagainya.

Film Split pertama kali rilis tahun 2016, Film bergenre  Psychological Horror Thriller ini dibintangi oleh James McAvoy.Film Split (Foto: imdb.com)

Rupanya, ada 3 kepribadian Kevin, yakni Dennis, Patricia, dan Hedwig yang telah merencanakan aksi penculikan tersebut. Tiga kepribadian tersebut membentuk tim dalam diri Kevin yang diberi nama The Horde. Dimana karakter The Horde yang melancarkan aksinya untuk menculik tiga orang remaja tersebut.

Tujuan The Horde menculik tiga orang remaja itu untuk menghidupkan kepribadian Kevin yang ke-24, The Beast. Usai The Beast muncul, maka ketiga remaja itu akan ditumbalkan, karena The Beast merupakan seorang kanibal. Kepribadian ini benar-benar menyeramkan dan buas. 

Ketiga remaja itu melakukan berbagai cara supaya bisa kabur. Sementara, Dr. Fletcher mendapatkan banyak email dari Kevin. Lalu, ia naik taksi dan menemui Kevin di rumahnya. Disana ia disambut oleh kepribadian Dennis dan mereka saling bercerita. Fletcher meminta izin untuk pergi ke toilet.

Namun, Fletcher sengaja membuka salah satu ruangan dan menemukan Marcia yang sudah lemas diruangan. Fletcher kaget dan Dennis muncul dibelakangnya, langsung menutup pintu tersebut.

Fletcher memintanya untuk melepaskan tahanan karena yang dilakukan salah. Lalu, Dennis membius Fletcher. Selanjutnya, Dennis pergi untuk membeli bunga masuk ke stasiun dengan naik kereta. 

Didalam kereta sedang sepi, Dennis langsung berubah menjadi beast. Sementara, ketiga remaja itu berkejaran dengan waktu untuk kabur dari ruangan bawah tanah tersebut. Beast telah sampai kembali ke rumah dan membunuh Fletcher dengan meremukkan tulang-tulangnya terlebih dahulu. 

Casey tanpa sengaja menemukan segepok kunci didalam kamarnya. Lalu, ia keluar dan berhati-hati menyusuri ruangan. Dia menemukan Marcia telah berlumuran darah, dan melihat Clare sedang dimakan oleh Beast. 

Beast berhasil menangkap dan melukai kaki Casey, tapi ia terus berjuang lari hingga akhirnya menemukan jalan bantu. Clare mengarahkan senapan ke arah Beast, sayangnya tidak mempan.

Beast mencabik-cabik Casey hingga terluka namun Casey terus menyerang dan menembaki Beast. Beast mengatakan pada Casey kalau dia berbeda dari yang lain, karena memiliki hati murni. Beast lalu meninggalkan Casey begitu saja. 

Selanjutnya, semua kepribadian tersebut berdiskusi akan apa yang akan dilakukan karena pasti orang-orang telah mengetahui keberadaan mereka. Lalu, kepribadian Patricia menjawab kalau Beast akan melindungi mereka. 

Tag: sinopsis film Film Split 23 kepribadian Kepribadian Ganda Sinopsis

Bagikan: