5 Rekomendasi Film Bertema Terorisme yang Diangkat Kisah Nyata

Tim Editor

12 Strong (Instagram)

ERA.id - Aksi terorisme kerap kali menjadi perhatian dunia karena membuat resah sekaligus kerusakan bagi negara. Sering kali aksi dari para terorisme ini dijadikan sebuah film oleh para sineas. Tak sedikit film bertema terorisme diangkat dari kisah nyata. 

Berikut ini rekomendasi film bertema terorisme yang diangkat dari kisah nyata. 

1. Hotel Mumbai

Sesuai dengan judulnya, Hotel Mumbai berlatar dari tragedi penyerangan teroris di Hotel Taj Mahal Palace, Mumbai, India pada 26 November 2008. Aksi heroik petugas hotel dalam menyelamatkan para tamu pun dijadikan film besutan Anthony Maras. 

Arjun (Dev Patel) seorang karyawan Hotel Taj Mahal Palace baru saja diterima kerja dan menjadi bawahan seorang koki bernama Hemant Oberoi (Anupam Kher). 

Hotel Mumbai (Instagram)

Suatu hari Arjun dan staf yang bertugas mendapat serangan teroris tak terduga. Ia pun panik dan berusaha menyelamatkan para tamu hotel, terutama tamu-tamu penting yang menginap di sana. 

Dalam aksi terornya itu, para teroris melakukan serangan penembakan, pengeboman, hingga penyanderaan para tamu. Mampukah Arjun menyelamatkan para tamu hotelnya?

2. The Kingdom

Film The Kingdom juga masuk ke kategori fim bertema terorisme yang berlatar di Arab Saudi. Di mana pasukan pengebor minyak asal Amerika Serikat mendapat serangan radikal dari warga setempat. 

Puncak masalah dan aksi teror ini terjadi saat ada aksi pengeboman dan pembunuhan masal di wilayah tempat tinggal pengebor asal Amerika Serikat itu. 

The Kingdom (Instagram)

Aksi terorisme ini pun langsung dilaporkan oleh kepala FBI di Arab Saudi, Francis Manner (Kyle Chandler). Ia langsung melaporkan aksi serangan itu ke kepala pimpinan FBI di Washington DC, Ronald Fleury (Jamie Foxx). 

3. Munich

Sutradara Steven Spielberg juga pernah memfilmkan aksi teror di kehidupan nyata lewat Munich. Film ini diangkat dari aksi terorisme di kota Munich, Jerman tahun 1972. Di mana serangan ini terjadi tepat saat penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas digelar di Jerman. 

Munich (Instagram)

Pasukan yang menyebut dirinya ‘Organisasi September Hitam’ itu secara ekstrim membunuh para atlet yang akan bertanding. Avner Kaufman (Eric Bana) seorang agen pun langsung menyelidiki dan mamtahkan aksi terorisme itu. 

4. World Trade Center

Masih ingat dengan aksi terorisme yang menyerang gedung bertingkat World Trade Center (WTC), New York, Amerika Serikat? Kejadian tahun 2001 ini pun langsung menghebohkan dunia. 

World Trade Center (Instagram)

Sutradara Oliver Stone pun terinspirasi dengan aksi terorisme itu dan mengisahkan kejadian itu ke sebuah film berjudul World Trade Center. Film ini fokus dengan dua orang polisi yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan. 

5. 12 Strong

Film 12 Strong boleh dibilang sebagai aksi dan misi Amerika Serikat yang ingin menuntaskan dendam pasca tragedi WTC di tahun 2001. Di mana pasukan khusus baret hijau Amerika Serikat, Operational Detachment Alpha 595 (ODA 595) dikirim ke Afghanistan untuk melaksanakan misinya. 

Misi yang dikenal dengan Task Force Dagger ini dipimpin oleh Kapten Mitch Nelson (Chris Hemsworth). Mitch yang tak mengetahui tentang Afghanistan juga harus memakai kuda sebagai satu-satunya transportasi. 

Itu lah lima rekomendasi film bertema terorisme yang diangkat dari kisah nyata. 

Tag: film rekomendasi film terorisme

Bagikan: