Sekolah di New York Larang Murid Pakai Kostum Squid Game saat Halloween, Kenapa?

| 29 Oct 2021 18:06
Sekolah di New York Larang Murid Pakai Kostum Squid Game saat Halloween, Kenapa?
Kostum halloween squid game (Dok: Netflix)

ERA.id - Tiga sekolah dasar di negara bagian New York melarang penggunaan kostum Halloween dari serial Squid Game. Pihak sekolah mengaku khawatir hal tersebut bisa mendukung aksi kekerasan.

Sejak penayangan perdana pada September 2021, serial Squid Game menjadi populer di dunia. Sayangnya ketenaran Squid Game ini mengandung konten berbahaya bagi anak-anak yang menyaksikannya.

Konten tersebut pun telah mendorong tiga sekolah dasar di New York meliputi sekolah dasar Enders Road, Mott Road dan Fayetteville melarang para siswanya menggunakan kostum Squid Game selama Halloween.

Pihak sekolah bahkan mengirimkan pesan resmi melalui email kepada para orang tua tentang 'pesan kekerasan' di serial tersebut. Bahkan kepala sekolah mengatakan kostum Squid Game tidak pantas dipakai oleh anak-anak sekolah dasar.

"Kepala sekolah kami ingin memastikan keluarga kami sadar bahwa tidak pantas bagi siswa mana pun untuk mengenakan kostum Halloween dari pertunjukan ini ke sekolah karena potensi pesan kekerasan yang selaras dengan kostum itu," kata pengawas distrik Craig Tice, dikutip CBS News, Jumat (29/10/2021).

Lalu, kata Tice, pedoman sekolah yang melarang kostum Squid Game itu berarti tidak diperbolehkan memakai kostum terlalu berdarah atau menakutkan agar tidak menakuiti siswa lainnya yang lebih muda.

Tice juga mengungkap bahwa beberapa siswa sudah meniru permainan yang ada di serial Squid Game selama jam istirahat. Pihaknya pun langsung melakukan pengawasan terhadap tiga sekolah dasar untuk anak berusia 5 hingga 10 tahun.

Dia mengatakan distrik berharap orang tua dan wali akan 'memperkuat pesan sekolah bahwa permainan yang terkait dengan perilaku kekerasan tidak pantas untuk ditonton'.

Squid Game menjadi acara Netflix terbesar yang pernah ada dan berhasil ditonton oleh 142 juta rumah tangga dalam empat minggu setelah dirilis pada pertengahan September 2021. Serial ini dikategorikan untuk penonton dewasa karena penggunaan bahsam kekerasan, seks, ketelanjangan, bunuh diri, dan merokok.

Netflix juga mengatakan acara tersebut tidak cocok untuk usia 17 tahun ke bawah. Sekolah lain juga telah mengeluarkan peringatan tentang kesesuaian konten acara untuk anak-anak.

Awal bulan ini, Sekolah Dasar Terpadu Pusat di Inggris memperingatkan orang tua untuk tetap berhati-hati dan mengawasi tontonan anak-anak selama di rumah.

"Dalam program ini ada pembunuhan massal, penyiksaan dan adegan-adegan yang bersifat seksual. Ini digolongkan sebagai hiper kekerasan dan jelas tidak pantas untuk ditonton oleh anak-anak usia sekolah dasar," tulis pernyataan sekolah di Inggris.

Sebuah sekolah di Irlandia dan sebuah sekolah di Spanyol juga telah melarang kostum Squid Game.

Rekomendasi