7 Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan

| 12 Sep 2022 17:02
7 Tips yang Bisa Anda Lakukan Agar Terhindar dari Mabuk Perjalanan
Ilustrasi Mabuk Perjalanan. (Foto: VOI.id)

ERA.id - Ketika seseorang sedang melakukan perjalanan, tentunya sistem keseimbangan dan postur tubuh masih tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Meskipun demikian, ada sebagian orang yang kondisinya lebih sensitif dan kurang mampu mengatur sinyal saraf tubuh keseluruhan dengan baik. Karena kondisi demikian, gejala yang ditimbulkan antara lain sakit perut, keringat dingin, muntah, dan juga keseimbangan tubuh yang terganggu.

Untuk menangani mabuk perjalanan ketika berkendara dengan mobil, ada beberapa cara atau tips yang dapat dilakukan. Namun, faktor-faktor penyebabnya juga harus kita ketahui. Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan mabuk perjalanan? Antara lain sebagai berikut:

  • Tengah menderita gangguan telinga bagian dalam
  • Memiliki riwayat mabuk perjalanan dan atau vertigo
  • Sedang mengonsumsi minuman keras dengan kadar alkohol cukup tinggi
  • Bermain gawai/gadget waktu kendaraan sedang melaju
  • Membaca buku ketika mobil melaju
  • Sedang mengalami migran
  • Sedang mengalami perubahan hormonal karena penggunaan pil KB, menstruasi, dan atau kehamilan

Walaupun tidak termasuk kondisi yang membahayakan, mabuk perjalanan tentunya sangat mengganggu kenyamanan perjalanan. Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, Anda dapat melakukan beberapa cara, simak penjelasannya di bawah ini:

Menghirup Aromaterapi atau Minyak Angin

Ilustrasi Minyak Esensial. (Foto: VOI.id)

Aromaterapi dan atau minyak angin cukup membantu meminimalisir rasa mual dan juga rasa tak nyaman akibat mabuk perjalanan. Aroma dapat Anda peroleh dari minyak esensial, contohnya minyak kayu putih, lavender, lemon, dan atau rempah-rempah, seperti adas dan kapulaga. Anda dapat memilih aroma-aroma yang Anda senangi.

Memejamkan Mata dan Istirahat Sejenak

Mengatasi mabuk perjalanan juga bisa diatasi dengan menutup mata serta bernapas secara perlahan-lahan. Ketika Anda mengendarai mobil, Anda dapat membuka kaca jendela dan juga menghirup udara segar untuk beberapa menit. Selain itu, Anda bisa beristirahat sejenak jika sedang menempuh perjalanan jauh. Ketika turun dari mobil, sambil hirup udara segar, Anda juga dapat berjalan kaki di sekitar tempat peristirahatan.

Mengonsumsi Jahe atau Permen Mint

Mengonsumsi jahe dalam bentuk teh maupun air seduhan dan juga permen mint cukup membantu Anda untuk mencegah dan juga meredakan gejala mabuk perjalanan, seperti muntah ataupun mual. Rasa dan aroma dari jahe dan juga daun mint mampu menenangkan kondisi tubuh Anda.

Makan Makanan Ringan dan Konsumsi Air Mineral

Mengonsumsi air mineral merupakan hal yang wajib saat merasakan mual di perjalanan. Sebab, badan Anda sedang berada dalam kondisi kekurangan cairan dan mengakibatkan dehidrasi jika muntah. Dengan minum air mineral yang cukup, maka sistem tubuh Anda bisa kembali normal. Makan makanan ringan juga dapat membantu mengisi perut yang sedang kosong. Dengan demikian, tidak akan ada pemicu kondisi mual dan atau muntah.

Mengubah Posisi Tubuh

Mabuk perjalanan bisa saja terjadi ketika Anda duduk menghadap ke belakang atau samping. Oleh sebab itu, Anda bisa mengubah posisi duduk dengan menghadap ke depan. Tindakan ini bisa membantu meminimalisir gejala mabuk perjalanan.

Meminum Obat Mabuk

Jika mabuk perjalanan yang Anda alami belum juga hilang, Anda bisa minum obat mabuk perjalanan. Misalnya obat dimenhydrinate atau scopolamine. Agar obat bekerja secara optimal, obat ini hendaknya diminum sebelum Anda melakukan perjalanan.

Jangan Makan Terlalu Kenyang

Salah satu hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan perjalanan adalah kondisi perut Anda. Mengisi perut sebelum pergi memang hal yang penting, tetapi hindari makan berlebihan dan terlalu kenyang. Sebab, guncangan saat Anda di dalam mobil dapat menimbulkan mual dan pusing. Kondisi ini bisa memicu tubuh Anda mengalami mabuk perjalanan.

Demikianlah beberapa tips atau cara agar Anda terhindar dari mabuk perjalanan. Antisipasi yang paling mendasar sebenarnya bisa Anda lakukan dengan cara meningkatkan stamina tubuh seperti melakukan olahraga. Tips di atas bisa digunakan sebagai langkah darurat yang diambil ketika Anda benar-benar mengalami mabuk perjalanan. Semoga bermanfaat!

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi