Perubahan Wajah setelah Pakai Behel dan Invisalign, Apakah Mungkin Terjadi?

| 19 Sep 2022 15:03
Perubahan Wajah setelah Pakai Behel dan Invisalign, Apakah Mungkin Terjadi?
Ilustrasi kawat gigi (unsplash)

ERA.id - Perubahan wajah setelah pakai behel dan invisalign apakah mungkin terjadi? Bagaimana kawat gigi atau invisalign memengaruhi wajah Anda? Sebelum mulai memasangnya, mari kita simak penjelasan di bawah ini.

Poin pertama adalah kawat gigi tidak hanya mengubah kesejajaran gigi Anda. Pengalaman ortodonti juga mempertimbangkan anatomi orofacial lainnya, seperti garis rahang, bibir, dan profil wajah secara keseluruhan.

Dengan demikian, pemasangan behel atau invisalign memang benar dapat mengubah wajah, terutama pada anak-anak dengan tulang yang masih berkembang.

Kendati demikian, perubahan wajah bergantung pada berapa usia Anda saat memasang kawat gigi. Selain itu, aspek wajah tertentu juga dapat disesuaikan lebih dari yang lain.

Akan tetapi ketika Anda berbicara tentang kawat gigi dewasa dan perawatan Invisalign, akan ada banyak pertanyaan spesifik tentang bagaimana jenis terapi ortodontik tersebut memengaruhi penampilan pribadi Anda.

Perubahan Wajah Setelah Pakai Behel dan Invisalign

Apakah behel atau invisalign dapat mengubah bentuk wajah Anda? Jawabannya adalah tergantung. Menggunakan kawat gigi atau Invisalign untuk menyesuaikan kesejajaran gigi Anda berarti bahwa jaringan lunak yang menutupinya (seperti pipi dan bibir) akan menyesuaikan dengan susunan baru gigitan Anda.

Apakah kawat gigi dapat mengubah wajah (Unsplash)

Maka dari itulah, sebabnya wajah seseorang terkadang terlihat “tenggelam” saat kehilangan gigi. Dengan kawat gigi, perubahan bentuk wajah Anda terjadi secara bertahap. Namun hal ini kurang jelas pada orang dewasa, yang fitur kerangkanya sudah sepenuhnya berkembang.

Kemudian selama konsultasi ortodontik Anda, dilansir dari braceshaven, Dr. Charles Cohen menjelaskan area mana saja yang mungkin berubah setelah gigi Anda disejajarkan dengan benar.

Apakah kawat gigi membuat hidung Anda lebih besar? 

Dr. Charles dapat memberikan jawaban yang sesuai secara individual. Apakah Kawat Gigi Mengubah Bentuk Hidung Anda atau Membuatnya Lebih Besar? Ia menjelaskan jika hal tersebut tidak akan terjadi.

Meskipun kawat gigi dapat menyesuaikan lebar rahang atas Anda, Dr Charles menjelaskan jika kawat gigi tidak meluas ke struktur yang mempengaruhi bentuk dan ukuran hidung Anda.

Namun, jika kawat gigi menyesuaikan gigi dan rahang atas Anda sehingga bentuk profil Anda di area itu berubah, hal itu berpotensi membuat hidung Anda terlihat sedikit berbeda, terutama jika dilihat dari samping.

Misalnya, jika bibir lebih menonjol atau masuk ke dalam, maka akan menyesuaikan profil wajah Anda secara keseluruhan tepat di sebelah hidung. Kemudian sebagai efek sampingnya dapat menciptakan ilusi bentuk hidung yang berubah.

Tidak, tetapi jika gigi atas Anda ditarik ke belakang secara signifikan maka dapat menciptakan ilusi bahwa hidung Anda lebih menonjol dari sebelumnya. Namun kawat gigi sendiri tidak akan membuat hidung Anda terlihat lebih besar.

Apakah Kawat Gigi Mengubah Bibir Anda dan Membuatnya Terlihat Lebih Besar?

Jawabannya Adalah iya, kawat gigi dapat mengubah posisi bibir Anda, tetapi hanya jika gigi tepat di belakangnya berubah. Ini tidak ada hubungannya dengan kawat gigi mengubah bibir Anda sejauh kepenuhan atau bentuk.

Misalnya, jika Anda memiliki underbite dan dokter membuat gigi depan atas dan bawah masuk ke dalam pada kesejajaran yang tepat, hal itu dapat menciptakan tampilan bibir atas yang lebih montok. Namun jika Anda memiliki gigi atas yang mencuat dan kami membawanya kembali beberapa milimeter, hal tersebut dapat membuat bibir Anda sedikit mundur.

Perlu diketahui, bibir Anda adalah penghalang sekaligus pelindung dari senyum Anda. Namun perawatan seperti Invisalign atau kawat gigi tradisional hanya akan mengubah "dasar" bibir Anda.

Catatan: Jika Anda memakai kawat gigi tradisional dan menggunakan sistem bracket dan kawat. Maka untuk sementara waktu Anda mungkin melihat bahwa bibir Anda terlihat lebih besar.

Ini karena lebar ekstra yang dibuat antara gigi dan bibir Anda. Bukan karena bibir Anda lebih besar, tetapi mereka tidak bisa duduk terlalu jauh di belakang gigi Anda sampai kawat gigi akhirnya lepas.

Selain perubahan wajah setelah pakai behel, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi