6 Hal yang Harus Dilakukan setelah Memakai Softlens

| 29 Jul 2023 09:05
6 Hal yang Harus Dilakukan setelah Memakai Softlens
Ilustrasi softlens (pixabay)

ERA.idSoftlens terkesan lebih simpel daripada kacamata. Namun, ada beberapa hal yang harus dilakukan setelah memakai softlens agar tidak mendapatkan dampak buruk.

Cara pemakaian dan perawatan yang tidak tepat bisa menyebabkan berbagai efek negatif, bahkan kebutaan. Oleh sebab itu, pastikan perilakumu terkait pemakaian softlens sudah benar. Dirangkum Era.id dari beautynesia, berikut adalah informasinya.

Ilustrasi wanita menggunakan softlens (pexels)

Beberapa Hal yang Harus Dilakukan setelah Memakai Softlens

1. Kebersihan tempat softlens

Setelah menggunakan softlens, pastikan Anda selalu membersihkan tempat softlens agar tidak ada debu atau kotoran yang menempel. Anda bisa menggunakan air hangat atau cairan softlens.

Lokasi penyimpanan juga harus tepat, yaitu tempat yang tidak terkena sinar Matahari langsung, tidak terlalu lembab, dan tidak rentan terkena kotoran dan debu.

2. Rutin ganti dan bersihkan tempat softlens

Ini masih berkaitan dengan kebersihan tempat softlens. Jika Anda lama tidak menggunakannya, jangan lupa selalu membersihkan tempat softlens. Anda juga perlu mengganti air softlens 3 hari sekali. Selain itu, ganti tempat softlens dengan tempat yang baru setiap 3 bulan sekali.

3. Kebersihan tangan dan jari

Sebelum memegang softlens, pastikan jari-jari tangan Anda dalam keadaan bersih. Anda bisa mencuci tangan menggunakan air dan sabun agar debu, kotoran, dan bakteri di jari hilang.

Jari yang kotor bisa membuat softlens kotor. Selain itu, pastikan kuku jari tidak panjang sebab permukaan softlens sangat tipis dan mudah sobek.

4. Mencuci softlens

Sebelum Anda memakai softlens, cuci softlens tersebut dengan cairan khusus softlens. Hal ini dilakukan untuk memastikan softlens dipakai dalam keadaan bersih dan aman.

Pembersihan juga perlu dilakukan setelah Anda memakai softlens atau sebelum memasukkannya ke tempat softlens. Selama digunakan, bukan tidak mungkin softlens terkena debu atau kotoran sehingga harus dibersihkan lagi.

5. Penggunaan softlens

Hindari penggunaan softlens saat melakukan beberapa aktivitas, misalnya mandi, tidur, dan berenang. Hal ini untuk menghindari softlens terlepas dari mata.

Lebih buruk, softlens bisa masuk ke kelopak mata jika tidak dilepas saat Anda melakukan aktivitas tertentu. Selain itu, memakai softlens saat tidur bisa mengganggu kesehatan mata, seperti mata gatal, cepat lelah, berair, berwarna merah, bahkan berisiko kebutaan.

6. Buang softlens kering dan kedaluarsa

Sebelum menggunakan softlens, cek tanggal kedaluarsanya (ada pada kemasan). Anda sebaiknya membuah softlens yang sudah kedaluarsa. Jangan lupa untuk menghancurkannya sebelum membuang.

Anda juga sebaiknya membuat softlens yang sudah kering atau lupa direndam dengan cairan softlens. Kandungan air dalam softlens berubah. Kalaupun Anda rendam semalaman agar kandungannya kembali normal, hal tersebut bisa mengganggu kenyamanan mata.

Itulah berbagai hal yang perlu dilakukan setelah memakai softlens. Hal-hal sederhana tetap perlu diperhatikan agar tidak memberikan efek yang merugikan.   

Rekomendasi