5 Tips Diet Sederhana untuk Memiliki Berat Badan Ideal

| 09 Jul 2024 07:05
5 Tips Diet Sederhana untuk Memiliki Berat Badan Ideal
Ilustrasi diet menurunkan berat badan (Freepik)

ERA.id - Memiliki berat badan ideal sering menjadi hal-hal yang diidamkan banyak orang. Demi mendapatkannya, tak sedikit orang berlomba-lomba menerapkan berbagai diet yang dianggap efektif untuk menurunkan berat badan. 

Ya, diet adalah cara yang dilakukan untuk menurunkan berat badan, sayangnya masih banyak orang melakukan diet dengan proses yang salah. Akhirnya berakibat fatal dan hanya menimbulkan penyakit.

Dengan mengatur pola hidup yang baik, diet dapat dilakukan dengan berhasil menurunkan berat badan. Bagaimana cara diet sehat dan cepat? Simak pembahasan ini.

1. Mengatur porsi dan jadwal makan

Pola makan sangat berpengaruh dalam menurunkan berat badan, sehingga penting untuk mengatur porsi dan jadwal makan sehari-hari.

Jika biasa menggunakan piring besar untuk makan, mulailah untuk batasi porsi makan menjadi setengah piring besar atau menggunakan piring kecil. Sehingga porsi makanan Anda tidak berlebihan ketika diet.

Tetap jaga jadwal makan Anda sebanyak 3 kali sehari pada pagi, siang, dan malam. Kurangi cemilan yang mengandung kalori tinggi.

2. Rutin minum air putih, kurangi gula

Ketika diet, hindari minuman yang berwarna dan mengandung gula. Ubah kebiasaan Anda menjadi minum air putih.

Disarankan untuk minum 2 liter air putih dalam sehari, sehingga dapat mengurangi rasa nafsu makan yang tinggi. Air putih tidak mengandung kalori sehingga sangat sehat dan dibutuhkan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

3. Konsumsi makanan dan minuman bernutrisi

Tubuh tetap membutuhkan nutrisi yang seimbang ketika diet, seperti protein, lemak sehat, serat, kalsium dan karbohidrat. Hal ini sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetap bugar.

Dalam mengonsumsi lemak dan karbohidrat masih dapat dilakukan, namun tetap menjaga batasan porsi atau memperbanyak konsumsi serat sayur atau buah.

4. Rutin olahraga

Melakukan kegiatan fisik sangat penting untuk menurunkan berat badan. Ada bisa memulai olahraga ringan seperti lari, bersepeda, atau berenang.

Lakukan durasi olahraga 75 menit sampai 150 menit, tergantung kegiatan olahraga yang dipilih dan sesuai dengan kemampuan tubuh.

Olahraga dapat membakar kalori dalam tubuh dengan cepat, sehingga proses diet akan lebih cepat berhasil dan tubuh tetap sehat.

5. Hindari bergadang

Tidur yang cukup merupakan faktor dari berhasilnya penurunan berat badan. Jika Anda kurang tidur atau sering bergadang, kalori tubuh akan bertambah sehingga menimbulkan peningkatan berat badan.

Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan imunitas tubuh berkurang, kurangnya konsentrasi, insomnia, dan gangguan jantung.

Itulah cara diet yang sehat dan cepat yang dapat Anda lakukan. Diet perlu proses dan waktu untuk hasil yang ideal. Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur pola hidup yang baik untuk diet, bisa konsultasi ke dokter ahli terdekat.

Rekomendasi