Resep Bumbu Marinasi Daging Grill dan Cara Membuatnya Meresap dengan Baik

| 26 Oct 2022 20:05
Resep Bumbu Marinasi Daging Grill dan Cara Membuatnya Meresap dengan Baik
Ilustrasi daging panggang (unsplash)

ERA.id - Salah satu olahan daging kambing dan sapi adalah pemanggangan atau grill. Sebelum pengolahan ini dilakukan, daging perlu dimarinasi atau direndam dengan bumbu marinasi daging.

Selain pembuatan bumbu, cara memarinasi daging juga perlu diperhatikan agar hasilnya saat matang maksimal. Berikut ini adalah resep bumbu marinasi daging untuk grill dan cara pembuatannya.

Resep Bumbu Marinasi Daging

Ilustrasi bumbu marinasi daging (unsplash)

Untuk daging seberat 1 kg yang telah dipotong kecil-kecil, Anda butuh beberapa bahan berikut ini untuk dijadikan bumbu marinasi, dilansir babad.id.

·         1 siung bawang putih

·         ½ sendok teh lada bubuk

·         ¼ sendok teh rata garam (sejumput garam)

·         1 sendok teh saus tiram

·         1 sachet saus lada hitam

·         3 sendok makan kecap manis

·         3 sendok makan saus pedas

·         1 jeruk nipis

·         2 sendok makan air

Cara memarinasi daging untuk grill atau dipanggang.

·    Siapkan wadah dan bahan.

·    Geprek atau tumbuk 1 siung bawang putih, kemudian cincang halus.

·    Masukkan semua bahan—termasuk air—ke dalam wadah, kemudian aduk hingga rata.

·    Masukkan semua daging yang sudah diiris ke wadah yang berisi bumbu, kemudian aduk hingga bumbu melekat ke daging dengan rata.

·    Diamkan daging berbumbu tersebut, minimal 1 jam.

Cara Memarinasi dengan Baik

Sebelum melakukan langkah-langkah tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar hasil marinasi baik. Dikutip Era dari laman MamaSuka, berikut tips marinasi agar daging empuk dan bumbu meresap ke daging dengan baik.

1. Sayat atau tusuk daging

Jika daging yang Anda gunakan bukanlah daging irisan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menusuk-nusuk atau menyayat-nyayat daging tersebut. Anda bisa menggunakan garpu untuk menusuk-nusuk daging atau pisau untuk membuat sayatan-sayatan tipis pada daging.

Hal ini akan membuat daging menjadi punya lebih banyak ruang untuk disisipi bumbu. Dengan demikian, bumbu bisa lebih merata dan meresap saat dicampurkan dengan daging.

2. Jumlah bumbu yang cukup banyak

Jika Anda ingin mendapatkan daging yang rasanya lebih kuat, resep bumbu marinasi di atas bisa Anda tambah porsinya. Satu hal yang perlu diingat, bumbu harus tercampur secara merata ke daging. Anda bisa mengira-ngira sebanyak apa bumbu yang dibutuhkan berdasarkan selera Anda.

3. Simpan di lemari pendingin

Daging berbumbu perlu waktu agar bumbu-bumbu tersebut meresap dengan baik. Setidaknya, Anda perlu mendiamkan daging berbumbu tersebut selama kurang lebih 1 jam.

Itu adalah rentang waktu yang cukup lama. Selam masa tunggu tersebut, bakteri bisa berkembang jika daging dibiarkan di tempat terbuka dengan suhu ruangan. Untuk mencegah kerusakan daging, Anda bisa menyimpan daging berbumbu tersebut di lemari pendingin bersuhu di bawah 5 derajat Celsius. Secara umum, bakteri bisa berkembang di daging dengan suhu di atas 5 hingga 40 derajat Celsius.

4. Durasi Marinasi

Sebelumnya telah dibahas soal waktu yang dibutuhkan untuk pendiaman selama marinasi. Namun, waktu tersebut tetaplah relatif. Durasi marinasi tergantung pada beberapa hal, seperti jenis, bagian, dan potongan daging. Jenis dan potongan daging dengan tekstur empuk, misalnya tenderloin dan sirloin, hanya butuh waktu 30 menit.

Jika daging yang digunakan bertekstur keras, durasi marinasi 3 jam hingga 24 jam. Proses marinasi yang terlalu lama tidaklah baik sebab bisa membuat daging terlalu lembek dan merusak tekstur. Durasi yang tepat membuat bumbu marinasi daging meresap dengan baik dan kualitas daging tetap terjaga.

Rekomendasi