Beberapa Makanan Khas Orang Jawa yang Paling Populer, Sudah Pernah Coba?

| 21 Nov 2022 18:03
Beberapa Makanan Khas Orang Jawa yang Paling Populer, Sudah Pernah Coba?
Ilustrasi Gudeg. (Foto: Youtube.com)

ERA.id - Bagi Anda pencinta kuliner, tentunya mengetahui jika makanan khas Jawa dikenal dengan cita rasa khasnya. Beberapa makanan tradisional jawa mempunyai ciri khas manis, gurih, dan divariasikan dengan bumbu rempah yang lengkap.

Makanan khas Jawa sendiri pada umumnya merujuk pada dua daerah, antara lain Jawa Tengah dan Jawa Timur. Makanan tradisional Jawa yang berasal dari kedua provinsi tersebut sangat banyak jenisnya.

Cukup banyak makanan khas Jawa yang kemudian tersebar di seluruh Indonesia dan disukai masyarakat daerah lain. Lantas, apa saja makanan khas orang Jawa yang cukup populer di Tanah Air?

Dirangkum dari Buku Tata Boga Aneka Resep Makanan Tradisional Khas Jawa (2020) karya Siti Nur Aidah, berikut adalah beberapa jenis masakan khas Jawa yang bisa Anda cicipi:

Tahu campur

Tentu tidak asing lagi bagi orang Jawa Timur saat mendengar menu tahu campur. Tahu campur merupakan makanan khas Jawa yang umumnya dijajakan oleh pedagang kaki lima. Tahu campur ini memiliki rasa gurih dan manis yang sangat khas di daerah Jawa Timur dan sebagian Jawa Tengah. 

Tahu campur bisa Anda temukan dengan mudah di Lamongan, Surabaya, hingga Sidoarjo. Masakan ini dibuat dari berbagai bahan seperti sayur, lentho singkong, tahu, hingga daging atau tetelan sapi.  Makanan tradisional Jawa ini disediakan dengan petis udang hitam sebagai bumbu kuahnya yang menambah kenikmatan. Selain itu, tidak lupa juga disajikan dengan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Gudeg

Anda yang pernah ke Yogyakarta tentunya sudah tak asing dengan makanan ini. Gudeg merupakan salah satu makanan yang awet karena diolah dengan pemanasan berulang.  Gudeg dengan cita rasa manis dan warna coklat gelap, dimasak dengan bahan nangka muda. Makan ini disajikan dan dilengkapi dengan areh, sambal goreng krecek, dan lauk seperti tahu, telur, tempe, atau daging ayam. Dari sejarahnya, makanan khas Jawa ini awalnya disajikan saat para prajurit Mataram Islam membuka hutan Mentaok yang kini menjadi Kota Yogyakarta.  

Rujak cingur

Salah satu makanan khas Jawa yang bahan pembuatannya sulit ditemukan saat berada di luar Jawa adalah rujak cingur. Salah satu bahan yang digunakan adalah petis. Kata cingur sendiri bermakna sebagai mulut, merujuk pada mulut atau moncong sapi atau kerbau yang sudah direbus dan dibersihkan. Cingur adalah bahan utama dalam jenis kuliner ini, itulah sebabnya mengapa disebut rujak cingur.

Dalam sejarahnya, rujak cingur tercipta karena percampuran budaya dari etnis Jawa, Tionghoa, Arab dan Madura. Makanan khas Jawa Timur ini adalah gabungan dari dua makanan, yaitu rujak buah dan cingur dengan bumbu petis.

Lodho ayam

Lodho ayam merupakan makanan khas Jawa yang berasal dari Pantai Selatan Jawa Timur, tepatnya daerah Trenggalek dan Tulungagung.  Kuliner ini umumnya terbuat dari ayam kampung yang sudah lebih dahulu diolah lalu diolah lagi dengan santan. Umumnya ayam lodho lebih dulu dibakar atau dipresto lebih dulu. Biasanya, ayam lodho disajikan dengan nasi uduk dan sayuran urap. Kombinasi bumbu yang pas dengan gurihnya ayam makanan khas Jawa ini dijamin akan membuat Anda ketagihan.

Tahu tek

Ilustrasi Tahu Tek (Foto: Facebook.com/Kuliner)

Jenis kuliner ini bisa Anda temukan di Surabaya.  Tahu tek berisi tahu yang digoreng setengah matang, lontong, kentang, dan sedikit tauge. Bahan-bahan tersebut selanjutnya disiram dengan bumbu kacang yang sudah diberi petis. Sebagai pelengkapnya, penjual tahu tek Surabaya juga sering menambahkan telur dadar dan kerupuk udang.

Nah, demikianlah beberapa jenis masakan khas Jawa yang bisa Anda coba. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pemburu kuliner.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi