Perbedaan Buttercream dan Fondant yang Sering Menjadi Perdebatan

| 04 Dec 2023 06:00
Perbedaan Buttercream dan Fondant yang Sering Menjadi Perdebatan
Perbedaan buttercream dan fondant (unsplash)

ERA.id - Saat berbicara tentang membuat kue, terdapat dua bahan yang sering menjadi perdebatan di antara para baker yakni buttercream dan fondant. Lantas apa perbedaan buttercream dan fondant?

Baik buttercream dan fondant memiliki karakteristik yang unik dan menyajikan tampilan yang berbeda pada kue. Dari kelembutan dan cita rasa hingga kemampuan untuk menciptakan desain yang rumit, buttercream dan fondant memiliki keunggulan masing-masing.

Dalam artikel ini, kita akan membahas perbedaan antara keduanya, membongkar kelebihan dan kekurangan, serta membantu Anda memilih bahan dekorasi yang sesuai dengan kebutuhan kue Anda.

Perbedaan Buttercream dan Fondant

Fondant dan buttercream adalah dua bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kue. Fondant merupakan pasta yang bisa dibentuk dari gula dan air, dapat digulung dan ditempatkan di atas kue untuk hasil yang halus, atau dibentuk menjadi bentuk yang rumit.

Sementara itu, butter cream adalah krim lembut yang terbuat dari mentega dan gula, yang dapat dioleskan atau dibentuk dengan berbagai pola yang berbeda.

Fondant dan buttercream adalah dua bahan yang umum digunakan dalam pembuatan kue (unsplash)
  1. Fondant

Fondant menjadi pilihan populer karena kemampuannya yang mudah dibentuk, dan memungkinkan kue dengan berbagai hiasan, mulai dari bunga hingga karakter Disney favorit.

Selain itu, fondant memiliki tekstur yang lentur, bisa digulung rata dan ditempatkan di atas kue untuk hasil yang halus atau digunakan seperti tanah liat untuk menambahkan dekorasi kue.

Proses pembuatan fondant sendiri melibatkan penambahan gula ke dalam air mendidih hingga membentuk bola yang kemudian disebut 'super saturating'. Fondant dapat mencakup bahan lain seperti sirup jagung, gliserol, dan gelatin. Sementara itu, versi cepat fondant bisa dibuat dengan marshmallow yang dilelehkan.

  1. Buttercream

Buttercream, di sisi lain, adalah frosting yang lembut dan manis, terbuat dari mentega dan gula. Ada berbagai jenis buttercream, yang paling umum adalah American buttercream, Swiss buttercream, dan Italian buttercream.

American buttercream yang paling umum dan mudah dibuat, terdiri dari gula bubuk dan mentega dengan sedikit susu dan vanila untuk rasa.

Swiss buttercream, juga dikenal sebagai Swiss meringue buttercream, dibuat dari dasar Swiss meringue yang hasilnya adalah krim putih mengkilap.

Cara membuat swiss meringue adalah dengan merebus putih telur dengan gula dan mengocok hingga membentuk puncak yang kaku, lalu mentega ditambahkan setelah campuran kembali ke suhu ruangan.

Dalam penggunaannya, fondant dapat dibeli dalam berbagai warna atau ditambahkan pewarna sendiri di rumah. Sementara itu, buttercream dapat dimodifikasi dengan menambahkan berbagai rasa yang sesuai dengan selera.

Dengan memahami perbedaan fondant dan buttercream, para pembuat kue dapat memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

Fondant memberikan hasil halus dan dapat dibentuk, sementara buttercream memberikan tekstur lembut dan rasa manis yang disukai terutama oleh anak-anak.

Nah bagi yang ingin eksplorasi lebih lanjut, variasi dan percobaan rasa dapat dilakukan untuk menciptakan sebuah karya seni kuliner yang unik dan menarik.

Selain perbedaan buttercream dan fondant, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Ingin tahu informasi menarik lainnya? Jangan ketinggalan, pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi